Tempat Wisata Tuban – Destinasi tempat wisata Tuban benar-benar pantas untuk diakui. Opsi tempat rekreasi yang ada juga benar-benar bermacam dimulai dari rekreasi alam, pantai, sampai rekreasi religius. Dari beberapa tempat rekreasi itu pada artikel ini kami akan ulas 11 salah satunya.

Kabupaten Tuban adalah kabupaten di Jawa Timur yang berada di Pantai Utara Jawa Timur. Tuban mempunyai titik paling rendah, yaitu 0 m dpl yang ada dalam Lajur Pantura dan titik paling tinggi 500 m yang ada dalam Kecamatan Grabagan.

Sandur sebagai atraksi rakyat ciri khas TUban yang diadakan di tanah lega atau di halaman yang memiliki sifat komunal. Pemirsa duduk di sekitar pertunjukan. Lagu Tombo Ati, sebagai lagu ciptaan Sunan Bonang dan jadi nyanyian dan shalawatan di wilayah Tuban pada periode penebaran Agama Islam.

Ketinggian dataran di Kabupaten Tuban bekisar di antara 0 – 500 mdpl. Sejumlah besar daerah Kabupaten Tuban beriklim kering dengan keadaan bervariatif dari cukup kering sampai benar-benar kering yang ada dalam 19 kecamatan, sedang yang beriklim cukup basah ada pada 1 kecamatan.

Tuban memiliki letak yang vital, yaitu di tepian Propinsi Jawa Timur dan Jawa tengah dengan dilalui oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Pada jaman dulu Tuban jadi dermaga khusus Kerajaan Majapahit.

Tempat Wisata Tuban yang Dapat Kamu Nikmati Keindahannya

1. Pantai Boom

Tempat wisata Tuban, Pantai Boom ada beberapa perahu yang bertumpu. Perahu-perahu berikut yang menambahkan esoktisnya tempat ini. Disamping itu, memiliki bentuk yang agak miring, membuat tempat ini dapat dipakai sebagai teritori rekreasi yang ramah keluarga.

Nikmati teritori ini dapat dengan bermacam jenis. Diantaranya dengan duduk di gazebo-gazebo yang telah disesdiakan. Ada di sini, hati jadi tenang, teduh dan nyaman. Apa lagi, saat bertandang ke sini didampingi dengan beberapa orang yang disayangi.

2. Pantai Sowan

Pantai tempat wisata Tuban ini mempunyai area yang luas. Kekhasan pantai Sowan ialah luasnya tempat yang banyak bermacam tipe pohon. Pelancong yang bermain di pantai ini akan berasa lebih teduh karena naungan pohon-pohon yang memiliki ukuran besar.

Pohon yang tumbuh berbagai macam tipe. Dimulai dari pohon trembesi, klampis sampai mahoni. Ada pula pohon tapis yang hasilkan buah seperti asam. Beberapa pohon itu benar-benar menolong dalam menghijaukan panorama di pantai ini.

3. Pantai Cemara

Sesuai dengan namanya, tempat rekreasi Tuban Pantai Cemara ini mempunyai kekhasan yakni dengan kehadiran beberapa pohon cemara yang hijau yang teduh. Berlindung di bawah beberapa pohon cemara berasa demikian sejuk di tengah-tengah teriknya sinar matahari.

Lokasi yang semacam ini sangat pas untuk makan-makan bersama rekan-rekan atau keluarga. Dengan melangsungkan alas antara antara pohon cemara. Bila tidak bawa alas, pengunjung juga bisa santai di gazebo-gazebo kecil atau yang umum disebut bedeng cinta.

4. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa atau juga dikenal dengan panggilan Pantai Panyuran. Pemberian nama Tempat rekreasi Tuban ini berdasar bukti wilayah di rekreasi ini yang banyak dikitari oleh pohon kelapa. Untuk mempermudah beberapa pelancong dalam ingat tempat rekreasi ini, karena itu penamannya juga disebutkan Pantai Kelapa.

Tempat rekreasi Tuban ini mempunyai lingkungan yang bersih. Hingga beberapa orang yang tiba ke tempat ini suka untuk tiba. Disekelilingnya ada juga rimba bakau yang membuat lingkungan semakin asri. Bukan hanya rimba bakau saja sebagai daya magnet dari Pantai Kelapa ini. Di seputar pantai ada pohon-pohon cemara yang teduh. Pengunjung dapat nikmati teduh lindungan pohon cemara saat siang hari.

5. Goa Ngerong

Tempat wisata TUban Goa Ngerong, mempunyai lobang dengan panjang 1,8 km. Kekuatannya bisa capai 30 km. Goa ini ialah goa air yang cuman dapat diarungi dengan perahu karet. Pada kedalaman 1000 mtr. bisa dijumpai air terjun didalamnya.

Dalam goa Ngerong itu ada kolam kecil yang ada banyak ikan Tawes, ikan Bader (Punctius Javanicius), ikan Nila dan kura-kura. Juta-an kelelawar kelihatan fantastis saat bersama-sama keluar pada pukul 5 sore.

6. Goa Akbar

Goa Akbar, tempat rekreasi Tuban ini unik dari segi posisinya. Tidak seperti goa biasanya yang berada di tepian kota, goa ini berada di tengah-tengah kota kabupaten Tuban. Tempat wisata ini berada di jalan Semarang-Surabaya, persisnya ada di belakang Pasar Baru Tuban.

Goa Besar ini sebagai situs purbakala yang telah ada semenjak Juta-an tahun kemarin. Hal tersebut diperkokoh karena ada fosil biota laut seperti Kerang laut pada dinding tembok Goa Besar ini. Goa Besar atau Goa Fosil ini masih jadi PR besar untuk beberapa arkeolog untuk menyingkap mistis masa lampau goa ini.

7. Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip Tuban ini benar-benar elok dan memesona dengan airnya yang warna hijau tosca. Ketinggian capai 40 mtr. yang mengambil sumber dari Rimba Karawak. Rimbunnya pohon-pohon di seputar air terjun menambahkan daya tarik tertentu.

Air terjun nglirip mempunyai tinggi seputar 25 mtr., tidak cukuo tinggi memang, tetapi karena ada dalam tebing dengan lebar seputar 20 mtr. dan ada dalam cengkungan karena itu membuat air terjun ini mempunyai keelokan yang berbeda dari air terjun lain.