baca-berita.comPIKIRAN RAKYAT – Belakangan ini viral di Twitter perdebatan terkait kompres menggunakan air dingin saat demam.

Bermula dari komentar netizen dengan nama akun @ervinof98_, perdebatan tak terelakkan antara selebtwit yang juga merupakan Ners , Rizal Do, dengan Eriska, pemilik akun itu.

Ners yang kerap disapa Rizal Do itu merupakan seorang praktisi healthy lifestyle yang saat ini bekerja sebagai Nursing Editor di sebuah penerbit buku kedokteran di Jakarta.

Ia salah satu Ners yang terkenal, karena sering memberikan edukasi mengenai kesehatan melalui Twitter pribadinya.

Sebelumnya, Eriska memperdebatkan perkara kompres dingin yang menurut Rizal Do, pemilik akun @afrkml, merupakan sebuah mitos.

Kemudian, dia memberi pendapat bahwa itu bukanlah mitos, karena sudah mencobanya dan berhasil.

“Mohon maaf, tidak karna saya suka mengompres, alhamdulillah demamnya sedikit demi sedikit turun. Dan memang dari dulu begitu yg saya tau, di keluarga saya pun jika demam yaa memang begitu penanganan utamanya, atau penanganan daruratnya,” ucap Rizal Do.

Melalui akun pribadinya, Rizal Do juga memberikan balasan kepada Eriska bahwa yang ia jelaskan merupakan fakta ilmiah, bukan dari opini pribadi.

“Mbak. Saya bilang pakai kompres dingin itu mitos & hangat itu yg benar, bukan dari opini saya. Tp ada bukti ilmiahnya. Jangankan air dingin, ga usah dikompres ada bisa sembuh itu demam. Toh mana yang lebih efektif, kompres demam yg terbukti. Selanjutnya terserah anda,” ujarnya.

Setelah itu, Eriska langsung memberikan tangkapan layar berupa penjelasan tentang jenis kompres yang dapat mengurangi demam.

Kemudian, Ners memberikan balasan terkait tangkapan layar tersebut. “Ngeyel. Pada sumber yg sama juga bilang bahwa kompres demam bisa menurunkan panas. Nah loh, pertanyaannya kapan nentuin harus pake anget dan dingin klo keduanya sama2 bisa dipakai buat nurunin panas? Makanya butuh penelitian komparatif dan uji efektivitas,” ucapnya.

Perdebatan itu terjadi sangat lama dan membuat netizen menjadi ikut tertawa, bahkan ada juga yang ikut menanggapi balasan Eriska.

“Kok bisa mbaknya debat soal ginian sama ners… aku bacanya aja agak gimana gitu hehhehe,” ucap @nanaversimarah-marah

“Kompres dulu kepalanya pakek air dingin, mbak. Biar ga emosi,” ucap @nepermen.

Rizal Do pun menerangkan, bila demam disebabkan faktor luar, misalnya karena cuaca, tepat bila mengompres pakai kompres dingin .

“Tapi kalau demamnya disebabkan faktor internal seperti akibat infeksi, ya pakai kompres hangat,” ucapnya. (Nesya Asriani)***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”