baca-berita.comBMKG memperkirakan musim hujan akan dimulai bulan September hingga November 2022. Puncak musim penghujan akan terjadi di bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Bahkan saat ini di beberapa wilayah Indonesia telah mengalami musim penghujan. Cuaca ekstrim seperti ini menuntut pengguna jalan untuk lebih berhati-hati. Terutama pengguna motor yang perlu persiapan dan antisipasi dalam berkendara saat hujan .

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari website Kominfo Magetan, berikut tips dan trik berkendara motor saat hujan :

1. Memakai jas hujan

Hujan datang tidak menentu, bahkan setelah panas yang menyengat sekalipun. Sangat wajar terjadi karena memasuki musim penghujan. Antisipasi dengan selalu membawa jas hujan , meskipun sedang tidak hujan . Jika tiba-tiba hujan saat berkendara, sebaiknya menepi untuk memakai jas hujan . Bertujuan untuk perlindungan diri agar pakaian dan tubuh tidak basah.

Baca Juga: Lirik Lagu Lenggang Puspita – Afgan, Lagu Lawas yang Kembali Viral di TikTok

2. Kurangi kecepatan saat berkendara

Hujan menyebabkan jalanan licin karena air bercampur dengan material-material seperti oli dan bensin. Sebagai pengendara harus meningkatkan kewaspadaan karena resiko terpeleset lebih besar. Dengan mengurangi kecepatan dapat mencegah kendaraan tergelincir.

3. Memastikan semua system kendaraan beroperasi dengan baik

Pastikan motor dalam keadaan baik sebelum berkendara. Seperti kecakraman rem, stabilitas gas dan kopling. Jangan lupa pula untuk melakukan cek pada kedua ban motor . Pengecekan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Menjaga jarak aman dengan kendaraan lain

Menjaga jarak penting ketika berkendara. Hal ini diperlukan agar kendaraan satu dengan lainnya memiliki ruang untuk bergerak. Sehingga saat dilakukan pengereman tidak terjadi benturan dengan kendaraan lain.

Baca Juga: Spoiler Big Mouth Episode 14, Plot Twist Park Chang Ho Terbunuh?

5. Tidak melakukan rem mendadak saat hujan

Saat hujan , jalanan menjadi licin. Melakukan rem mendadak akan menimbulkan ketidakseimbangan dan adanya selip dalam ban. Untuk itu, diperlukan tetap fokus dan waspada, serta memperhatikan kecepatan saat berkendara.

6. Pastikan lampu motor menyala

Sudah ada peraturan yang mengatur untuk menyalakan lampu meskipun saat siang hari. Begitu pula saat hujan , dengan keadaan langit yang cenderung mendung. Menggunakan lampu menjadi solusi agar pengendara bisa melihat dengan jelas jalanan didepan. Serta dapat terlihat oleh pengendara lain.

7. Berhenti jika keadaan memburuk

Jika hujan terlalu lebat, ada baiknya berhenti sejenak mencari tempat berteduh. Hujan yang terlalu lebat dapat berdampak buruk bagi tubuh. Dengan berhenti, pengendara dapat beristirahat sejenak dan menjaga badan tetap hangat. Sebaiknya tunggu hingga hujan sedikit reda dan jarak pandang sudah aman Kembali. (Rosa Ardika)***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”