baca-berita.com – Era mesin W16 segera berakhir setelah meluncurnya Bugatti Mistral Roadster , Agustus 2022. Mistral Roadster yang memakai basis Bugatti Chiron ini mengambil desain dari Bugatti Type 57 Roadster Grand Raid.

Dikutip dari , bentuk Type 57 Roadster bisa dilihat dari kaca depan Mistral yang melengkung. Selain itu, pada bagian atas juga dipasang dua air scoop yang bertugas mendinginkan mesin W16 8.000 cc quad-turbo.

Selain itu, kalau dilihat Mistral ini bagai mencampur desain Bugatti Divo dan La Voiture Noire. Misalnya, headlamp mirip dengan milik La Voiture Noire, tapi kap depan mirip dengan Divo.

Namun bagian belakang, Mistral memiliki desain lampu ‘X’, mengingatkan pada produk Bugatti Bolide. Bentuk lampu unik ini memberi Bugatti ruang menempatkan ventilasi untuk kebutuhan pendinginan ruang mesin.

Bicara soal performa, jangan ragukan mesin raksasa Bugatti. Mistral memiliki tenaga 1.577 TK, sama dengan Chiron Super Sport 300+ yang mencapai top speed 490 kpj di 2019.

Bugatti punya target kalau Mistral akan menjadi roadster tercepat di dunia. Mengingat sebelumnya Bugatti punya Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse (GSV) yang memiliki kecepatan puncak 408 kpj di 2013.

Di atas kerta, Mistral bisa melampaui rekor Veyron GSV karena punya tenaga lebih banyak, tepatnya 400 TK. Mistral akan dibuat terbatas, 99 unit saja dan akan dikirim pada 2024.

Bagi yang penasaran harganya, Bugatti membanderol Mistral 5 juta Euro atau Rp 75.312.260.250. Tapi sayangnya, semua Mistral sudah ada pemiliknya, jadi sudah tidak ada lagi kesempatan memiliki Bugatti terakhir dengan mesin W16.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”