baca-berita.com – ujan ringan hingga sedang yang turun di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (9/9/2022) hingga Sabtu (10/9/2022), menyebabkan banjir di beberapa ruas jalan.

Pengendara diminta untuk lebih berhati-hati, karena mobil atau motor bisa saja mogok sewaktu melewati genangan air.

Namun hal ini menjadi pengecualian buat kendaraan listrik, yang tidak mengusung mesin pembakaran internal seperti halnya kendaraan konvensional.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, mobil listrik aman dipakai untuk melintasi banjir.

Meski begitu, banjir membuat traksi roda ke jalan tidak maksimal. Hal inilah yang membuat genangan menjadi berbahaya.

“Lebih tidak bikin stres, karena waterproof dan tidak ada ruang pembakaran. Tapi tetap tidak disarankan,” ujar Sony, kepada Kompas.com (10/9/2022).

Sony mengatakan, pengendara harus menahan emosi saat melewati genangan. Jangan sampai asal terabas, karena bisa berujung mobil mogok.

“Pahami kendaraan mobil rata-rata tidak diciptakan untuk jadi perahu. Artinya tidak semua komponen yang ada di kendaraan itu waterproof,” ucap Sony.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”