baca-berita.com – Hasil Liga 1 2022, PSM Makassar mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak 3-0 pada pekan kesembilan Liga 1 2022/23, Sabtu (10/9/2022).

Laga ini menjadi penanda, kalau PSM Makassar menjadi penantang serius gelar juara Liga 1 2022.

Sejauh musim ini, PSM Makassar tampil sangat impresif. Dikutip dari sejumlah sumber, berikut fakta menarik kemenangan 3-0 PSM atas Persebaya Surabaya:

PSM Makassar Teruskan Rekor Unbeaten

PSM Makassar sekali lagi menunjukkan keperkasaan di kandang, Persebaya Surabaya dibantai 3-0 di Stadion BJ Habibie.

Stadion BJ Habibie tampak benar-benar angker seturut kemenangan terbaru PSM Makassar terhadap Persebaya Surabaya di Liga 1 2022/23.

Kemenangan ini membuat PSM Makassar melanjutkan catatan belum sama sekali kalah di laga kandang.

Bahkan, PSM Makassar juga menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga menjalani delapan laga di Liga 1 2022.

Bisa Menang Telak Tanpa Wiljan Pluim

PSM Makassar mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor telak 3-0

Tiga gol PSM Makassar dicetak oleh striker muda Ramadhan Sananta , Yakob Sayuri , dan Yuran Fernandes.

Sebetulnya, sempat ada kekhawatiran bagi PSM Makassar karena, Wiljan Pluim dan Everton Nascimento tak bisa bermain di laga ini dan meninggalkan lubang besar.

Tim asuhan Bernardo Tavares kentara tak bisa mengalirkan bola dengan baik di lini depan tanpa kehadiran dua pemain asingnya itu.

Namun PSM tetap dapat menciptakan situasi berbahaya berkat pergerakan elektrik Yakob Sayuri di sisi kiri dan Dzaky Asraf di sisi kanan.

Sebuah sundulan yang membentur mistar pada menit awal membuktikan PSM dapat mengancam meski hanya diperkuat pemain lokal di lini depan.

Permainan Brilian Ramadhan Sananta

Gol PSM pun tidak berasal dari open play, serta tercipta berkat kejeniusan striker muda yang sedang naik daung bernama Ramadhan Sananta .

Ramadhan Sananta memanfaatkan umpan flick dari rekan setimnya untuk melepaskan tembakan voli yang menghujam telak gawang Satria Tama.

Yakob Sayuri sempat membuat publik tuan rumah terpukau berkat dua kali solo run, yang salah satunya berakhir dengan sepakan melebar M Arfan.

Namun aksi individu itu tergolong berlawanan dengan jalannya pertandingan (termasuk canon ball Yance Sayuri), di mana Persebaya dapat mengendalikan laga meski tanpa hasil.

Yakob Sayuri Cetak Gol

Pada akhirnya, PSM mendapat durian runtuh saat Satria Tama terburu-buru berdiri saat belum mengamankan bola sepenuhnya.

Bola diserobot pemain PSM dan jatuh di kaki Yakob Sayuri yang mengirim bola ke gawang kosong.

Pada babak kedua, Persebaya justru tak mampu mempertahankan intensitas dan takluk dengan penampilan sporadis tuan rumah.

PSM Makassar ‘Killing The Game’

PSM pun sekali lagi bisa membobol Bajul Ijo setelah bola rebound hasil sepakan Ramadhan Sananta disapu oleh bek Persebaya dan mengenai tangannya.

Yuran Fernandes dengan tenang dapat melakukan eksekusi trademark ala Bruno Fernandes untuk mencetak gol ketiga.

Pada titik ini, perjuangan Persebaya tampak sudah selesai, dengan banyak pemain melakukan kesalahan passing.

Sejumlah pergantian membuat PSM terkesan mengendorkan tekanan, dan Persebaya tetap tak bisa bangkit dalam aura keramat Stadion BJ Habibie.

Yakob Sayuri Kirim Sinyal ke Shin Tae-yong

Hasil 3-0 membuat PSM Makassar membuntuti Madura United dan Bali United dalam perlombaan di jalur juara Liga 1 2022/23.

Selain itu, performa tajam Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta juga membuat mereka dalam radar timnas Indonesia.

Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta seperti mengirim sinyal ke Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia kalau mereka patut dipertimbangkan bisa dipanggil ke skuad Garuda, mengingat dua pemain itu telah mencetak lima dan empat gol.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Reza Arya Pratama; Yuran Lopes, Agung Mannan, Yance Sayuri, Akbar Tanjung; Arfan, Ananda Raehan Alief, Kenzo Nambu; Dzaki Asraf Huwaidi, Ramadhan Sananta , Yakob Sayuri

Cadangan: Safrudin Tahar, Bryan Caesar, Rasyid Assahid, Erwin Gutawa, Ricky Pratama, Rizky Eka Prtama, Donald Bissa, Samuel Simanjuntak, Dallen Ramadhan Doke, Harlan Suardi

Pelatih: Bernardo Tavares

Persebaya (4-4-2): Satria Tama; Leo Lelis (Riswan Lauhim 28′), Rizky Ridho, Koko Ari, Alwi Slamat; Michael Bonjozi Rumere (Risky Dwiyan 46′), Andre Oktaviansyah (Brayen 46′), Moch Supriadi, Silvio Junior; Sho Yamamoto, Altariq Ballah

Cadangan: Brayen Pondaag, Risky Dwiyan Apriyanto, Arief Catur, Dandi Maulana, Muhammad Hidayat, Julian Mancini, Andhika Ramadhani, Saiful, Januar Eka Ramadhan, Riswan Lauhim

Pelatih: Aji Santoso

(Najmul Ula/BolaNas)

PSM Makassar Pincang Tanpa Pluim Hadapi Persebaya, Bernardo Tavares Janji Timnya Bakal Main All Out

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tribunnews.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”