baca-berita.com6 Perubahan Baru WhatsApp

Berikut ini beberapa perubahan terbaru dari WhatsApp yang semakin menguntungkan pengguna.

1. Dapat mengirim file yang berukuran lebih dari 2 GB

Perubahan baru yang diterapkan WhatsApp pertama yaitu pengguna disuguhkan dengan peningkatan kapasitas pengiriman file yang semakin bertambah. Jika sebelumnya WhatsApp hanya mengizinkan mengirim file atau dokumen dengan ukuran maksimal yaknj 100 MB, kini pengguna WhatsApp dapat mengirim file hingga ukuran maksimal 2 GB.

Dengan adanya perubahan ini, para pengguna dapat mengirim file yang berukuran 20 kali lipat dibandingkan peraturan sebelumnya. Pengiriman file lebih dari 2GB tersebut hadir di aplikaso WhatsApp Android versi 2.22.17.76 dan WhatsApp iOS versi 22.18.76.

2. Dapat menonaktifkan atau mute peserta panggilan grup

Perubahan baru WhatsApp selanjutnya yaitu emampuan untuk membisukan atau mute suara dari peserta group call. Jika sebelumnya dalam melakukan panggilan group, pengguna hanya dapat membisukan suaranya sendiri.

Akan tetapi saat ini, WhatsApp menerapkan perubahan baru, di mana para pengguna bisa membisukan suara pengguna lain saat sedang melakukan panggilan suara group. Fitur ini telah hadir dalam WhatsApp Android versi 2.22.17.76 dan WhatsApp iOS versi 22.18.76.

Untuk dapat menerapkan fitur tersebut, pengguna dapat mengklik dan menahan kolom dari anggota grup yang hendak dibisukan. Selanjutnya akan muncul menj “mute (nama kontak)” dan “Message (nama kontak)”. Tekan ikon “Mute (nama kontak)” untuk membisukan panggilan dari kontak tertentu.

Perubahan baru yang satu ini dirasa paling dinanti-nanti para pengguna. Saat ini, WhatsApp telah mengizinkan pengguna untuk keluar grup secara diam-diam.

Sebagaimana diketahui, jika selama ini pengguna ketika keluar grup akan meninggalkan sebuah jejak berupa tulisan “(nama pengguna) keluar/left”. Namun tenang saja, karena saat ini ketika pengguna meninggalkan grup tanpa meninggalkan jejak.

Sayangnya, fitur ini belum bisa dinikmati oleh semua pengguna. WhatsApp nampaknya akan menggulirkan fitur secara bertahap kepada para penggunanya. Selain itu, tidak sepenuhnya pengguna dapat menghilangkan jejak ketika ia keluar grup.

Pasalnya, pengguna lain akan tetap bisa melihat status pengguna di grup melalui menu “view past participants”. Dengan menu ini pengguna lain akan tetap bisa melihat kapan seorang pengguna meninggalkan grup ataupun dikeluarkan dari grup dalam kurun waktu selama 60 hari terakhir.

4. Melihat khusus pesan-pesan yang belum dibaca

Perubahan selanjutnya yang diterapkan aplikasi WhatsApp yaitu pengguna bisa melihat secara khusus pesan mana saja yang belum sempat dibaca.

Jika sebelumnya, pengguna ketika melihat pesan hanya dpaat melihatnya dari kolom “Chat” di mana pesan yang masuk sudah terbaca maupun belum akan tercampur menjadi satu. Sehingga dengan begiti cukup menyulitkan untuk memilah apabila pengguna menerima banyak pesan.

Caranya yaitu dengan mengklik ikon “pencarian”, kemudian klik menu “Belum dibaca” untuk dapat memunculkan deretan pesan yang belum sempat dibaca.

WhatsApp menerapkan perubahan baru yakni dengan memperpanjang batas waktu untuk menghapus pesan yang telah dikirim. Dengan perubahan baru tersbeut, pengguna berkesempatan memiliki waktu lebih yang banyak untuk menghapus pesan yang telah Ia kirim menjadi 60 jam atau 2 hari 12 jam.

Waktu hapus pesan sebelum diubah yakni hanya 4.096 detik, atau 1 jam 8 menit 16 detik saja. Penambahan durasi waktu “delete for everyone” dari WhatsApp tersebut sebelumnya telah diumumkan secara resmi oleh WhatsApp pada Selasa (9/8/2022) lalu.

6. Kirim pesan tanpa simpan nomor

Perubahan baru WhatsApp yang terakhir yaitu pengguna dapat mengirim pesan tanpa simpan nomor. Jika sebelumnya para pengguna WhatsApp harus menyimpan nomor seseorang untuk dapay berkirim pesan, saat inj WhatsApp tidaj lagi menerapkan aturan tersebut.

Pengguna saat mengklik nomor yang telah dikirimkan dari WhatsApp akan mendapatkan sejumlah pilihan. Pilihan itu antara lain adalah untuk langsung berkirim pesan, melakukan panggilan ataupun menambahkan ke kontak.

Agar dapat berkirim pesan lewat WhatsApp secara langsung tanpa menyimpan nomor, maka pengguna bisa mengklik pilihan “Chat dengan (nomor pengguna WhatsApp)”. Maka dengan begitu pengguna bisa secara langsung melakukan obrolan tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Itulah tadi ulasan mengenai perubahan baru WhatsApp yang semakin menguntungkan para pengguna. Semoga bermanfaat!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”