Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Hacker Bjorka belakangan semakin populer di kalangan warga Indonesia. Dielu-elukan bak pahlawan hingga trending di platform Twitter, motif peretas tersebut akhirnya terungkap juga.

Banyak warganet yang bertanya-tanya mengapa Bjorka bisa bertindak begitu jauh untuk mempermainkan data pemerintah Indonesia.

Timbul spekulasi liar, Bjorka merupakan warga negara Indonesia ( WNI ) yang sengaja berinteraksi menggunakan bahasa Inggris supaya tidak terendus identitasnya.

Namun, motif sebenarnya diungkap langsung oleh Bjorka sendiri, melalui akun Twitter yang baru dia aktifkan pada Jumat, 9 September 2022.

Baca Juga: Hacker Bjorka Ungkap Motifnya Permainkan Data Pemerintah Indonesia, BSSN Turun Tangan

Selain itu motif utama Bjorka adalah untuk membantu temannya dari Indonesia, lantaran sering menerima curhatan soal negaranya yang sedang kacau.

“Saya punya teman orang indonesia yang baik di Warsawa (Ibu Kota Polandia), dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya indonesia. saya melakukan ini untuk dia,” ucap Bjorka, dilihat Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitternya, @bjorkanism.

“Saya hanya ingin menunjukkan betapa mudahnya bagi saya untuk masuk ke berbagai pintu (sistem) karena kebijakan perlindungan data yang buruk. Apalagi jika dikelola oleh pemerintah,” ujarnya lagi.

Dia lantas mengatakan bahwa meskipun telah diungkap seperti ini, pemerintah Indonesia yang ingin balas menyerangnya mustahil menemukan identitas si teman yang dibicarakan.

Baca Juga: Badan Sandi Negara Terusik Ulah Hacker Bjorka yang Ancam Bocorkan Data Jokowi

“Yeah, jangan mencoba melacaknya dari (data) Kementerian Luar Negeri. Karena kalian tidak akan menemukan apa pun. Dia tidak lagi diakui oleh indonesia sebagai warga negara karena kebijakan tahun 1965. Meskipun dia adalah laki-laki tua yang sangat pintar,” tutur Bjorka.

Selain itu, dalam percakapan singkat antara Bjorka dan user lain di BreachForums, peretas tersebut juga mengaku berniat membuat membuat pemerintah Indonesia kelabakan di akhir pekan.

“Selamat! Hal ini pasti membuat mereka (pemerintah) terjaga sepanjang malam,” ucap salah seorang user, memberi ucapan selamat lantaran berhasil membobol informasi dari lembaga negara tanah air.

“Iya, memang itu tujuan saya, supaya mereka tidak bisa menikmati liburan di akhir pekan,” ucap Bjorka membalas user tersebut.

Baca Juga: BSSN Siap Telusuri Kebocoran Data, Hacker Bjorka: Why So Many People Tagging Me?

Sementara itu, pemerintah sudah mulai merespons tindakan-tindakan Bjorka. Salah satunya ada Kepala Sekretariat Presiden (Setpres), Heru Budi Hartono yang hendak mempidanakan Bjorka.

Heru menyangkal seluruh klaim Bjorka soal kebocoran data rahasia presiden dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Untuk itu, dia menegaskan kabar tersebut hoax dan pelaku penyebar informasi menurutnya layak dijerat UU Informasi dan Traksaksi Elektonik (ITE).

Ada juga Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang mengatakan telah berkoordinasi dengan setiap PSE, terutama di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News