Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Tarif ojek online atau ojol hari ini, Minggu, 11 September 2022 mulai mengalami kenaikan.

Pemberlakuan tarif baru ini mundur satu hari dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya yaitu, Sabtu, 10 September kemarin.

Sebelumnya, penundaan tarif ojol ini sudah terjadi selama dua kali. Awalnya tarif baru akan diberlakukan pada 14 Agustus 2022, namun mengalami penundaan.

Kemudian pada 28 Agustus 2022, Kemenhub kembali menunda kenaikan tarif ojol dengan alasan untuk mendapatkan lebih banyak masukan dari pemangku kepentingan dan melakukan kajian ulang agar mendapat hasil terbaik.

Biaya jasa ojol kemudian resmi naik hari ini berdasarkan pertimbangan BBM, upah minimum regional (UMP), asuransi pengemudi, hingga jasa minimal jarak order 4 kilometer.

Berdasarkan aturan baru, kenaikan tarif ojol disesuaikan berdasarkan sistem zonasi. Kemudian, ada tiga zona yang berlaku di seluruh Indonesia.

Berikut ini rincian tarif baru ojek online di tiga zona per September 2022.

Zona I: Sumatera, Jawa (selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan Bali

– Biaya jasa batas bawah sebesar R2.000 per km

– Biaya jasa batas atas sebesar Rp2.500 per km

– Biaya jasa minimal sebesar Rp8.000 s.d Rp10.000.

Zona II (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi atau Jabodetabek)

– Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.550 per km

– Biaya jasa batas atas sebesar Rp2.800 per km

– Biaya jasa minimal sebesar Rp10.200 s.d Rp11.200.

Zona III (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua)

– Biaya jasa batas bawah sebesar Rp2.300 per km

– Biaya jasa batas atas sebesar Rp2.750 per km

– Biaya jasa minimal sebesar Rp9.200 s.d Rp11.000.

Dilihat berdasarkan tiga zona, tarif ojek online termurah ada di Zona I yang meliputi wilayah Sumatera, Jawa (selain Jabodetabek), dan Bali.

Sedangkan, tarif ojek online termahal berada di Zona II meliputi wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Pikiran-Rakyat.com di Bandung, Minggu, 11 September 2022 pukul 08.14, tarif ojol dari dua aplikator Gojek dan Grab, untuk pemesanan ojol dengan rute paling dekat berada di angka Rp12.000.

Kota Bandung sendiri masuk ke Zona I meliputi wilayah Sumatera, Jawa (selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan Bali.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News