baca-berita.com – Pemerintah telah memulai penyaluran Bantuan sosial (bansos) uang tunai bahan bakar minyak (BBM). Penyaluran ini merupakan kompensasi dari keputusan pemerintah menaikkan harga BBM beberapa waktu lalu.

Dana sebesar Rp 12,4 triliun, yang akan disalurkan kepada 20,65 juta penerima telah tersedia. Pertanyaan berikutnya, siapa yang layak dan persyaratan untuk menerima bansos tersebut?

Untuk mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, bisa langsung mengecek situs cekbansos.kemensos.go.id. Jika tidak terdaftar, maka Anda bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan bansos BLT BBM.

Syarat penerima BLT BBM sendiri adalah warga miskin atau rentan miskin, bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri, terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam DTKS Kemensos, dan warga atau pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Jika Anda sudah terdaftar sebagai penerima BLT BBM, Anda bisa langsung mendatangi Kantor Pos terdekat. Pemerintah dalam penyaluran BLT BBM memang telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia di berbagai wilayah.

Syarat & Cara Mencairkan BLT BBM

Membawa surat undangan pencairan, KTP, dan KK ke kantor pos terdekat (undangan pencairan diberikan pemerintah desa atau RT/RW setempat).

1. Datang ke kantor pos sesuai jadwal undangan

2. Ambil nomor antrian

3. Serahkan berkas

4. Setelah berkas mendapatkan verifikasi, Anda bisa mendapatkan BLT BBM

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”