baca-berita.com – Mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) mengenang pertemuannya dengan mendiang Ratu Elizabeth II .

Melalui akun Twitter miliknya @SBYudhoyono, ia menceritakan bagaimana dulu berkesempatan bertemu Ratu Elizabeth II , Pangeran Philip, dan juga keluarga Kerajaan Inggris.

Dalam utas yang diunggah pada Sabtu, 10 September 2022 itu SBY menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Kamis, 8 September 2022 lalu.

Sebagai mantan Presiden Republik Indonesia, saya mengucapkan belasungkawa atas wafatnya Queen Elizabeth II pada tanggal 8 September 2022. Semoga beliau tenang dan damai di taman keabadian. * SBY *,” katanya.

Menurut SBY , Ratu Elizabeth II adalah sosok yang tangguh dan sangat dicintai oleh rakyatnya.

SBY juga memuji peran dan kontribusi yang telah ditorehkan Ratu Elizabeth II selama 70 tahun berkuasa.

Kita mengetahui bahwa Queen Elizabeth II adalah sosok yang tangguh & dicintai rakyatnya pada penggal sejarah pasca Perang Dunia II, selama Perang Dingin dan era-era berikutnya yang sarat dengan tantangan. * SBY *,” katanya.

Selain itu, SBY juga mengenang pertemuannya dengan Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham, London, Inggris, pada tahun 2012 silam.

Saya juga mengenang ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pd th 2012. Pada kunj tsb, saya beserta delegasi Indonesia merasakan keramahtamahan & penerimaan yg sangat baik dr Queen Elizabeth II, Prince Phillip, Prince Charles & segenap keluarga besar kerajaan. * SBY *,” kata SBY .

SBY menjelaskan bahwa pada saat itu Ratu Elizabeth II sedang sibuk karena akan menyelenggarakan Diamond Jubilee.

Saya tahu, tahun itu Inggris sangat sibuk dengan perhelatan nasional & internasional, yaitu Diamond Jubilee of Elizabeth II kemudian The London 2012 Summer Olympics. Namun, saya beserta Ibu Negara (Almh Ani Yudhoyono) tetap diundang untuk berkunjung ke negara itu. * SBY *,” katanya.

Pertempuan SBY dengan Ratu Elizabeth II kala itu menandai kuatnya hubungan bilateral antara Inggris dan Indonesia

Termasuk juga komitmen kedua negara untuk berkontribusi pada kepentingan serta kebaikan dunia.

SBY juga mendapatkan kehormatan dengan menerima gelar Knight Grand Cross in the Order of Bath (GCB) dari Queen Elizabeth II di Buckingham Palace.

Utas dari SBY tersebut juga disertai beberapa foto pada saat pertemuan tersebut. Terlihat SBY beserta istrinya Ani Yudhoyono berjalan bersama dengan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”