baca-berita.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan aplikasi laman uji coba calon aparatur sipil negara bernama “CASN Juara” di Hotel Santika Mega City, Kota Bekasi, Sabtu.

“CASN Juara membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS sekaligus meningkatkan kualitas pegawai,” kata Gubernur JabarRidwan Kamil saat peluncuran aplikasi itudidampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi JabarYerry Yanuardan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Ia menjelaskan CASN Juara hadir untuk memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), mengingat jumlah peminat tes ini meningkat setiap tahun.

RidwanKamil berharap aplikasi CASN Juara ini mampu meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia yang dapat menjadibekal tambahan saat seleksi CPNS.

“CASN Juara bisa diakses siapa pun, tidak hanya di Jabar, tapi seluruh Indonesia. Seluruh masyarakat bisa pakai, tidak harus di Jawa Barat,” tambah Kang Emil, sapaan akrab gubernur.

Kang Emil menyebut beberapa pekan setelah dioperasikan, sudah ada 11.000 orang yang mendaftarkan diri melalui laman http://casnjuara.jabarprov.go.id. Pihaknya akan melakukan pemukhtarhiran program agar jumlah pendaftar semakin banyak.

“Alhamdulillah peminatnya banyak, baru kita launching aplikasi CASN ini sudah ada 11 ribuan yang mendaftar. Di sini hanya sampling yang fisik saja sebagai simbolis. Tapi, ribuan sekarang di rumah masing-masing, masih ada yang mengantri juga yang belum kedapatan,” ucapnya. Kepala BKD Jawa Barat Yerry Yanuar menambahkan selain dapat digunakan untuk uji coba tes CPNS dan PPPK, laman CASN Juara juga menawarkan fitur lain seperti soal latihan, perkembangan diri melalui grafik hingga peringkat.

“Ada lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis,” katanya.

CASN Juara juga menyajikan pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional, seperti humas, penyuluh pertanian, guru, dan statitasi. Pejuang CPNS juga dapat mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

“Ini gratis daftarnya, tidak perlu membayar. Setelah berhasil mendaftar dan melengkapi data pada kolom profil, akun perlu diaktivasi sebelum dapat menikmati fitur latihan soal,” tambah Yerry.

Iaberharap aplikasi ini mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan kelak bisa meningkatkan kualitas sertakompetensi SDM peserta yang lolos CPNS.

“Aplikasi ini hadir menjawab persoalan global yang membutuhkan SDM berkualitas tinggi. Ini salah satu bentuk sumbangsih Pemprov Jawa Barat untuk Indonesia,” katanya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”