Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Eksistensi Bjorka , sosok yang diketahui merupakan seorang hacker ramai disorot publik setelah dirinya menguliti data pribadi sejumlah pejabat menggunakan kemampuan pemrograman.

Bjorka digadang-gadang berhasil meretas dokumen rahasia milik Presiden Jokowi , termasuk surat-surat yang bersumber dari Badan Intelijen Negara atau BIN .

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan informasi dari akun Twitter @darktracer_int, Bjorka disebut telah meretas 600.000 lebih Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Republik Indonesia.

“Peringatan. 679 ribu Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Indonesia telah dibocorkan ke deep web oleh sang aktor Bjorka ,” tutur akun Twitter @darktracer_int.

Merespons tingkah Bjorka yang membuat satu negeri gempar, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memastikan pihaknya tak akan tinggal diam.

Pemerintah mengaku akan memburu keberadaan sang peretas lantaran dinilai telah melanggar UU ITE.

“Perlu saya tegaskan adalah itu sudah melanggar hukum UU ITE. Saya rasa pihak penegak hukum akan memproses secara hukum dan mencari pelakunya,” ujar Heru.

Mengetahui dirinya diburu pemerintah, Bjorka beri tanggapan tak terduga.

Alih-alih berhenti, Bjorka justru kembali memamerkan supermasinya.

Tahu kah Anda bahwa Anda dan seluruh orang Anda tidak akan bisa melakukan ini (pencarian terhadap saya)?,” katanya.

Dia kemudian membocorkan, aksi peretasan tersebut sudah dimulai sejak 3 pekan ke belakang.

Namun meski sudah mengobrak-abrik data pemerintahan, Bjorka mengklaim tak ada satu pun pihak yang dapat menjangkaunya.

Karena ini sudah terhitung 21 hari sejak pembobolan pertama saya, dan kalian semua masih bingung bagaimana untuk memulainya,” ujar Bjorka .

Kendati demikian, walau kabar peretasan ini telah menyebar ke seluruh penjuru negeri, Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto menuturkan dokumen-dokumen penting negara masih aman dan terlindungi dengan baik.

“Sampai saat ini masih aman, kita tetap berupaya karena ini user kita. Tentu saja segala apa yang menjadi dokumen ataupun surat-surat penting lainnya itu harus betul-betul terlindungi,” ujar Wawan Hari Purwanto, Sabtu.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di IsuBogor.pikiran-rakyat.com berjudul “ Bjorka Akan Diburu Aparat Negara karena Langgar UU ITE, Begini Tanggapan Santai sang Hacker ,” ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News