baca-berita.com – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan program “KSP Mendengar” dibuat untuk mendekatkan Istana Kepresidenan dengan rakyat.

Moeldoko dalam “ASNfest 2022” di Jakarta, Sabtu, mengatakan “KSP Mendengar” terinspirasi dari program yang ia buat saat menjadi Panglima TNI yakni “TNI Mendengar”.

“Ada KSP Mendengar. Ini sarana untuk mendekatkan istana dengan rakyat,” kata Moeldoko dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengatakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah mau mendengarkan berbagai pihak.

Menurut dia, tidak akan ada jarak antara pemimpin dengan anggota, atau pejabat dengan masyarakat, jika pemimpin memiliki karakter mau mendengar.

Ia menceritakan pengalamannnya saat masih aktif di TNI AD dengan pangkat Letnan Dua.

“Saat itu saya punya gagasan dan imajinasi untuk TNI AD ke depan. Tapi karena ada jarak antara pimpinan dan atasan, saya pun tidak berani menyampaikan apa yang saya pikirkan. Baru 20 tahun setelah jadi Panglima, ide itu saya wujudkan,” ungkap Moeldoko.

Karena itu, kata Moeldoko, saat menjadi Panglima TNI, ia lebih banyak turun ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi para prajurit. Begitu juga dengan saat ini ketika menjadi Kepala Staf Kepresidenan.

“Saya juga tidak pernah membatasi diri dalam menampung ide-ide staf di KSP. Siapapun bisa ketemu dan bicara dengan saya. Kalau kalian tidak percaya, silahkan buktikan datang ke KSP,” imbuh Moeldoko.

Pada kesempatan itu, Moeldoko menjelaskan pemerintah telah menyiapkan ASN-ASN muda untuk mampu mengisi posisi jabatan pimpinan tinggi di waktu yang akan datang. Hal ini dilakukan karena generasi milenial di masa mendatang akan mendominasi profesi ASN.

“Sekarang baru 45-50 persen. Tapi diperkirakan ke depan mayoritas ASN kita milenial. Jadi milenial akan melayani milenial,” ujar Moeldoko.

Usai meresmikan pembukaan ASNfest 2022, Moeldoko juga menyerahkan bantuan kaki palsu secara simbolis kepada anak-anak penyandang disabilitas.

ASNfest 2022 diinisiasi oleh Abdimuda Indonesia yang merupakan wadah bagi para ASN muda Indonesia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website antaranews.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”