baca-berita.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan, masyarakat mesti bersatu dan bergotong-royong menghadapi bahaya-bahaya di ruang digital.

Hal ini disampaikan Plate setelah menghadiri rapat internal yang membahas maraknya aksi peretasan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/9/2022).l

“Kita perlu membangun kekuatan nasional secara bersama-sama, gotong royong menghadapi semua bahaya, termasuk bahaya di dalam ruang digital. Bahaya dalam ruang digital itu adalah bentuknya tindakan kriminal digital,” kata Plate kepada wartawan.

Politikus Partai Nasdem itu menegaskan, masyarakat harus kompak dan bekerja sama menghadapi peretasan yang sering terjadi beberapa waktu terakhir.

Plate pun menyinggung soal perbedaan pendapat di antara masyarakat yang menurut dia merupakan hal wajar dan dihormati dalam demokrasi.

“Tapi pada saat di mana untuk kepentingan negara secara keseluruhan, mari kita jaga kekompakan,” ujar dia.

Plate juga berpesan agar media massa tidak membuat bingung masyarakat karena masalah data terkait dengan kedaulatan bangsa Indonesia serta bersinggungan dengan isu geopolitis.

“Ini banyak hal-hal yang teknis yang kadang-kadang salah kutip yang mengakibatkan satu dengan lainnya warga bangsa ini kita saling mem-bully, jangan sampai,” kata Plate.

Masalah keamanan data masyarakat Indonesia kembali menjadi sorotan akibat aksi peretas beridentitas Bjorka yang membobol beragam data dan dokumen.

Bjorka mengeklaim telah meretas dan membocorkan data-data pelanggan IndiHome, data registrasi SIM card, data Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga data surat dan dokumen Presiden Joko Widodo.

Bjorka juga mengumbar data pribadi sejumlah pejabat antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, serta Plate.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”