baca-berita.com – Untuk memberikan kemudahan akses layanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional, BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro menghadirkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di Desa Kuncen Padangan Bojonegoro, Selasa (16/08).

Melalui layanan MCS, masyarakat Desa Kuncen dapat merasakan kemudahan melakukan update data kepesertaan, penggantian Faskes Tingkat Pertama (FKTP), pendaftaran peseera baru dan pendaftaran bayi baru lahir.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kuncen Padangan, Fitri Mu’afifah menyampaikan dengan adanya layanan MCS semakin memudahkan warga desa mendapatkan layanan administrasi kepesertaan walaupun jauh dari kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro. Mereka tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro hanya sekedar untuk melakukan perubahan FKTP.

“Ini sangat efektif, masyarakat sangat antusias datang ke Balai Desa Kuncen. Kadang masih ada yang bingung, apa itu Kartu Indonesia Sehata (KIS) dan BPJS Kesehatan. Nah, dengan adanya kegiatan MCS ini membuat warga yang sudah terdaftar JKN ataupun belum menjadi semakin paham. Apalagi hanya untuk merubah faskes, tadi sudah di bantu cara menggunakan Mobile JKN,” tutur Fitri.

Layanan MCS ini adalah wujud upaya meningkatkan kepuasan peserta yang di berikan pada calon peserta atau peserta JKN aktif baik secara tatap muka maupun tanpa tatap muka seperti layanan administrasi kepesertaan, pemberian informasi, penanganan pengaduan peserta juga terkait informasi pembayaran iuran peserta.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Ndari Cahyaningsih menyampaikan apresiasinya atas antusias masyarakat Desa Kuncen terhadap layanan MCS. Ia berharap kegiatan yang sudah rutin di gelar ini mendapatkan kesan positif dan tentunya memberikan manfaat bagi warga Desa Kuncen.

“Saya yakin warga merasakan manfaat yang sebesar-besarnya atas kehadiran MCS ini. Kanal layanan digital seperti Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Voice Interractive JKN (VIKA) dan Chat Assistant JKN (CHIKA) juga dapat semakin dipahami oleh warga Desa Kuncen,” tutur Ndari.

Salah seorang warga Desa Kuncen yang antusias memanfaatkan layanan MCS, Arum Tria menuturkan bahwa pelaksanaan pelayanan MCS BPJS Kesehatan sangat membantu peserta dalam mebgakses layanan kepesertaan JKN. Untuk itu, dirinya berharap agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan rutin.

“Terima kasih banyak untuk BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro dapat mewujudkan harapan saya ini dengan layanan MCS di desa kami. Ini sangat memudahkan untuk saya melakukan perubahan faskes tanpa saya harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Harapannya semoga kedepan layanan JKN ini semakin ditingkatkan dan BPJS Kesehatan selamanya hadir untuk masyarakat,“ kata Arum.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”