baca-berita.com – Setiap orang pasti pernah merasakan kegelisahan, was-was, sedih, putus asa, dan perasaan-perasaan lainnya yang membuat hati dan pikiran menjadi tidak tenang bahkan cenderung stres. Terlebih lagi jika tidak menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

Jika kamu sedang berada dalam kondisi yang demikian, cobalah untuk berdoa kepada Allah SWT dengan bacaan doa menenangkan hati dan pikiran. Adapun bacaan doa yang bisa kamu amalkan yakni sebagai berikut:

1. Doa Meminta Ketenangan Hati

Berikut ini bacaan doa agar mendapatkan ketenangan hati meski berbagai masalah membebani pundakmu.

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al Baqarah: 250).

Selain membaca doa penenang hati, kamu juga bisa mengamalkan doa agar terhindar dari kecemasan yang bunyi bacaannya seperti berikut ini;

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

3. Doa Agar Selalu Merasa Cukup

Berikut ini bacaan doa penenang hati dan agar selalu merasa cukup atas segala yang kita miliki. Adapun bacaan doa yang diriwayatkan Imam Thabrani yakni sebagai berikut:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

4. Doa Agar Dipermudah Urusan

Jika ada urusan yang belum selesai, biasanya itu akan membuat seseorang tidak tenang. Jika demikian, coba untuk berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan segala urusan. Adapun bacaan doanya sebagai berikut.

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya: “Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

Demikian informasi mengenai kumpulan doa menenangkan hati yang bisa kamu amalkan sehari-hari atau saat kamu sedang memiliki perasaan tidak tenang atau semacamnya. Semoga bermanfaat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”