Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Presiden Joko Widodo memimpin pembahasan pengendalian inflasi dengan seluruh kepala daerah secara hybrid di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/9/2022). Dalam arahannya, Jokowi bicara soal penggunaan belanja tidak terduga oleh pemerintah daerah untuk menekan inflasi yang disebabkan komoditas pangan.”Belanja tidak terduga ini bisa digunakan untuk membantu biaya transportasinya,” ujarnya.

Jokowi mencontohkan bawang merah. Bawang merah banyak berasal dari Brebes, Jawa Tengah.Ketika komoditas itu dikirimkan ke Lampung, maka ada biaya transportasi sebesar Rp 3 juta. Jokowi lantas menenkankan kalau biaya itu bisa ditutup oleh pemerintah daerah.

“Sehingga harga yang terjadi adalah harga petani di Brebes kemudian sama dengan harga yang ada di pasar. Kalau itu semua daerah melakukan ini, kita akan bisa menahan inflasi agar tidak naik,” katanya.Cara yang sama bisa dilakukan terhadap telur ayam yang menurut Jokowi harganya masih tinggi saat ini.”Pemda bisa beli kepada produsen langsung peternak-peternak ayam petelur. Misalnya pusatnya di Blitar atau di Purwodadi atau di Bogor, bisa membeli langsung dari peternak kemudian dikirim kepada pasar sehingga kemudian harga yang terjual di pasar adalah harga dari peternak,” kata Jokowi.”Karena biaya transportasinya ditanggung oleh pemda, pemprov, pemkot, pemkab. Juga belanja tidak terduga itu dialihkan ke bansos kepada yang terdampak karena adanya penyesuaian BBM,” lanjutnya.Kepala negara mengatakan, hal tersebut pernah dilakukannya saat menjadi wali kota Solo.”Sehingga saat itu inflasi bisa kita turunkan seinget saya sampai 1,2%. Sehingga saat itu saya diberikan hadiah dari menteri keuangan seingat saya Rp 10 M dalam bentuk DID,” ujar Jokowi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News