baca-berita.com – Bjorka , hacker pembobol data SIM Card beberapa waktu lalu tampaknya tidak main-main dengan ancaman pada saluran Telegram miliknya.

Kemarin, hacker pembobol 1,3 miliar data registrasi SIM card itu mengumumkan bahwa akan meretas dokumen milik presiden Indonesia. Namun ia tidak menyebutkan sosok presiden Indonesia yang dimaksud, apakah Jokowi atau presiden sebelumnya.

“Kebocoran selanjutnya akan datang dari Presiden Indonesia,” kata tulisan Bjorka , seperti dikutip Sabtu, 10 September 2022.

Kabar yang disampaikan Bjorka tersebut nyatanya bukan sekadar isapan jempol. Bjorka mengklaim telah membocorkan surat rahasia untuk Presiden Jokowi , termasuk dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengklaim tak ada satu surat dan dokumen pun untuk Presiden Jokowi yang bocor di Internet.

“Nanti pihak Sekretariat Negara akan menyampaikan. Tidak ada isi surat-surat yang bocor,” kata Heru saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Heru menegaskan bahwa informasi adanya kebocoran pada surat rahasia dari BIN dan surat-surat lainnya untuk Jokowi di forum peretas adalah informasi bohong.

Menurutnya, peredaran informasi itu merupakan pelanggaran hukum Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Perlu saya tegaskan adalah itu sudah melanggar hukum UU ITE. Saya rasa pihak penegak hukum akan memproses secara hukum dan mencari pelakunya,” ujar Heru, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Sebelumnya, klaim Bjorka tentang kebocoran dokumen rahasia Presiden Jokowi dan surat dari BIN itu dinggah oleh salah satu akun Twitter “DarkTracer: DarkWeb Criminal Intelligence”.

Unggahan tersebut kemudian viral dan sempat menjadi salah satu trending topic di Twitter hingga Sabtu pagi.

Akun tersebut mengunggah cuitan bernarasi bahwa surat dan dokumen untuk Presiden Indonesia, termasuk surat yang dikirimkan BIN dengan label rahasia telah bocor.

“Peringatan. 679 ribu Transaksi Surat dan Dokumen Presiden Indonesia telah dibocorkan ke deep web oleh sang aktor Bjorka ,” kata cuitan @darktracer_int Jumat, dikutip Pikiran-Rakyat.com pada Sabtu, 10 September 2022.

Untuk menguatkan pernyataannya, akun tersebut menyertai tangkapan layar dokumen rahasia Presiden Indonesia yang dibobol Bjorka , mulai dari tahun 2019 sampai 2021.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”