baca-berita.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari hacker Bjorka pada hari peringatan hari lahirnya, Sabtu (10/9/2022).

Ucapan ulang tahun tersebut diiringi dengan ulah Bjorka membagikan membagikan data pribadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate di grup Telegramnya.

Bjorka membagikan detil alamat, Nomor Indek Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), agama, golongan darah, pendidikan, ID vaksinasi, hingga nama orang tua dan istri.

“Happy birthday johnny johnny yes papa,” tulisnya, dalam akun Telegramnya Bjorkanism, Sabtu (10/9/2022).

Menteri Johnny diketahui tengah berulang tahun hari ini, Sabtu (10/9/2022). Ulah Bjorka tersebut hingga saat ini belum ditanggapi oleh Kementerian Kominfo. Bjorka sendiri telah membocorkan rangkaian surat rahasia untuk Presiden Jokowi, termasuk dari Badan Intelijen Negara (BIN).

“Contains letter transactions from 2019 – 2021 as well as documents sent to the President including a collection of letters sent by the State Intelligence Agency (Badan Intelijen Negara) which are labeled as secret,” ujar Bjorka dalam dalam unggahannya di breached.to, dikutip Sabtu (10/9/2022).

Selain itu, ada pula ‘surat rahasia kepada Mensesneg dalam amplop tertutup’ dengan pengirim Badan Intelijen Negara. Tidak hanya ini, Bjorka sebelumnya membocorkan data penduduk dari 1,3 SIM Card.

Bjorka pun menuliskan “Stop Being An Idiot” kepada Kominfo dalam postingan data tersebut di breached.to. Menkominfo Johnny G Plate mengecam tindakan ini.

Namun, dia mengungkapkan bahwa penanganan kejahatan siber ini bukan tanggung jawab kementeriannya. Dia mengungkapkan kejahatan siber dan keamanan data dari peretas adalah tanggung jawab BSSN.

“Kominfo hanya bisa bekerja di payung hukum yang tersedia dan aturan yang tersedia. Tidak bisa bekerja melampaui kewenangan, apalagi menabrak tupoksi lembaga atau institusi lainnya,” katanya di Komisi I DPR RI, Selasa(7/9/2022).

“Dalam hal ini ingin kami sampaikan dalam PP 71 tahun 2019 terhadap semua serangan siber, leading sector dan domain penting tugas pokok dan fungsi bukan di kominfo. Terhadap semua serangan siber atas ruang digital menjadi domain teknis BSSN,” sambung Plate.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”