baca-berita.com – Hacker Bjorka yang kini kian populer akhirnya mengungkap motifnya kepada khalayak. Dia membagikan alasan mengapa dirinya bertindak begitu jauh untuk mempermainkan data pemerintah Indonesia.

Motif itu terkuak dalam percakapan singkat antara Bjorka dan user lain di BreachForums yang beredar di internet.

Percakapan itu kurang lebih mengisyaratkan bahwa Bjorka ingin membuat pemerintah Indonesia kelabakan di akhir pekan.

“Selamat! Hal ini pasti membuat mereka terjaga sepanjang malam nanti,” ucap salah seorang user, memberi ucapan selamat lantaran berhasil membobol informasi dari lembaga negara tanah air.

Baca Juga: Badan Sandi Negara Terusik Ulah Hacker Bjorka yang Ancam Bocorkan Data Jokowi

“Iya, memang itu tujuan saya, supaya mereka tidak bisa menikmati liburan di akhir pekan,” ucap Bjorka membalas user tersebut.

Sejak naik daun hingga bertengger di trending topic Twitter Indonesia, Bjorka aktif berinteraksi di platform tersebut, tepatnya sejak 9 September 2022.

Selain itu motif utama Bjorka adalah untuk membantu temannya dari Indonesia, lantaran sering menerima curhatan soal negaranya yang sedang kacau.

“Saya punya teman orang indonesia yang baik di Warsawa, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya indonesia. saya melakukan ini untuk dia,” ucap Bjorka , dilihat Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitternya.

Baca Juga: BSSN Siap Telusuri Kebocoran Data, Hacker Bjorka: Why So Many People Tagging Me?

“Saya hanya ingin menunjukkan betapa mudahnya bagi saya untuk masuk ke berbagai pintu (sistem) karena kebijakan perlindungan data yang buruk. Apalagi jika dikelola oleh pemerintah,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Badan Siber dan Sandi Negara ( BSSN ) akhirnya buka suara. Institusi ini kerap kali disebut-sebut sejak mencuatnya isu kebocoran data di Indonesia.

Bukan cuma oleh publik, Menteri Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) Johnny G. Plate bahkan ikut melemparkan tanggung jawab pada BSSN .Saat dimintai solusi terkait kehebohan bocornya data rakyat Indonesia oleh Hacker Bjorka , Johnny justru meminta BSSN ambil alih dan selesaikan persoalan itu.

Baca Juga: Hacker Bjorka Tantang Pemerintah Indonesia, Umumkan di Telegram: Saya Masih Menunggu Digerebek

“ BSSN telah melakukan penelusuran terhadap dugaan insiden kebocoran data yang terjadi dan melakukan validasi terhadap data-data yang dipublikasikan,” kata Juru Bicara BSSN , Ariandi Putra, menanggapi seruan Menkominfo, dilansir Pikiran-rakyat.com dari Antara.

“ BSSN telah melakukan koordinasi dengan setiap PSE yang diduga mengalami insiden kebocoran data , termasuk dengan PSE di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara, demikian juru bicara BSSN Ariandi Putra, dalam keterangan pers, Sabtu, 10 September 2022.

Dengan demikian, BSSN telah berkoordinasi dengan setiap PSE, terutama di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Deretan upaya mitigasi tersebut, menurut BSSN penting untuk memperkuat sistem keamanan siber, sekaligus menjadi tindakan preventif terhadap risiko yang lebih masif lagi bagi PSE bersangkutan. ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”