baca-berita.com – Menambah daftar panjang Perwira Polri yang dipecat akibat terlibat kasus Sambo, ada Mantan Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Raymond Siagian (AKBP JS).

Jerry dijatuhi hukuman pemberhentian tidak dengan hormat ( PTDH ) melalui sidang kode etik yang dipimpin oleh Wairwasum Polri Irjen Tornagogo Sihombing.

Seperti juga ‘antek-antek’ Ferdy Sambo ( FS ) yang lain, Jerry dinilai mencederai profesionalisme dalam bekerja, tepatnya saat menangani kasus Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J).

Dalam Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar Jumat petang, 9 September 2022 itu, AKBP Jerry dinyatakan dipecat secara tidak hormat dari institusi Polri.

Baca Juga: Ini Dua Tindakan Cacat Jerry Raymond Siagian, Bantu Skenario Sambo ‘Tayang’ dengan Loloskan 2 Laporan

“Pemberhentian tidak dengan hormat sebagai anggota Polri,” ujar Wairwasum Polri Irjen Pol Tornagogo Sihombing, dikutip dari PMJ News, Sabtu, 10 September 2022.

Putusan tersebut, merupakan hukuman setelah AKBP JS melanggar kode etik profesi, sebab dengan kesadaran penuh membantu tersangka FS melancarkan aksinya memanipulasi kasus.

Keterlibatan JS dalam kasus Brigadir J dinilai tercela dan sudah terbukti kebenarannya setelah didatangkan belasan saksi ke dalam sidang.

Di luar PTDH , AKBP JS turut dijatuhi sanksi administrasi berupa penempatan khusus ( patsus ) di Mako Brimob.

Baca Juga: Besok! Jerry Raymond Dijadwalkan Sidang Etik, Buntut Dugaan Keterlibatannya dalam Kasus Brigadir J

“Sanksi administratif, yaitu a, penempatan khusus selama 29 hari dari tanggal 11 Agustus sampai dengan 9 September 2022 di Rutan Mako Brimob Polri dan penempatan di tempat khusus tersebut telah dijalani oleh pelanggar,” ujar Tornagogo Sihombing.

Sebelumnya telah ramai diberitakan, mantan Wakil Direktur Kriminal Umum AKBP Jerry Raymond Siagian (AKBP JS) mengikuti jejak antek Sambo lain hadapi KKEP.

Kepada wartawan, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan 13 saksi dihadirkan untuk dimintai keterangan dalam sidang etik penghakiman cacatnya kinerja AKBP JS tersebut.

Baca Juga: Ferdy Sambo Tarik Balik Uang ‘Upah’ untuk RR, Kuasa Hukum: Dikasih 3 Hari Setelah Peristiwa, tapi Diambil Lagi

“13 saksi itu yang nanti akan dimintai keterangan dalam proses sidang AKBP JRS atau J,” ucap Dedi lagi.

Adapun saksi-saksi tersebut ialah AKBP RRS, Kompol DKZ, AKBP P, Kompol GA, AKBP HS, dan AKBP ASH.

Selanjutnya ada juga saksi dari badan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yaitu saudara berinisial ML, saudari YM, Kompol ESL, Kompol AR, Kompol HP, Kompol SMI, dan AKP AE. ***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”