baca-berita.com – Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 7,5 mengguncang Papua Nugini. The US Geological Survey (USGS) sempat mengeluarkan peringatan tsunami.

BMKG melaporkan gempa ini berkekuatan M 7,5. Sementara, USGS melaporkan gempa berkekuatan M 7,6.

Dilansir dari AFP dan Reuters, Minggu (11/9/2022), USGS, situs yang melaporkan terjadinya gempa, sempat mengeluarkan peringatan tsunami, tetapi kemudian mengatakan ancaman itu “sekarang telah berlalu”.

Kendati demikian, USGS mencatat bahwa mungkin masih ada “fluktuasi permukaan laut kecil di beberapa wilayah pesisir”.

Gempa yang dirasakan hingga Jayapura ini dilaporkan mengakibatkan kerusakan bangunan di dekat Kota Madang, Papua Nugini. Penduduk setempat di Madang yang berbicara kepada AFP mengatakan mereka merasakan “guncangan yang sangat kuat”. Ada laporan kerusakan bangunan.

Di Twitter, penduduk Papua Nugini mengatakan merasakan getaran dan berbagi gambar dan video barang-barang jatuh dari rak supermarket.

USGS mencatat gempa ini terjadi pada kedalaman 61 kilometer (38 mil), sekitar 67 kilometer dari kota Kainantu. Papua Nugini terletak di “Cincin Api” Pasifik, menyebabkannya sering mengalami gempa bumi.

Berdasarkan data BMKG, gempa terjadi pada Minggu (11/9/2022) pukul 06.47 WIB. Titik koordinat gempa berada di 6,36 lintang selatan dan 146,55 bujur timur.

Gempa ini dirasakan dalam skala II-III MMI di Merauke dan skala II MMI di Jayapura dan Wamena. Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG mewanti-wanti terjadinya gempa susulan.

“Saran BMKG. Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” lanjutnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”