baca-berita.com – Turkiye mengatakan, kapal -kapal penjaga pantai Yunani telah menembaki sejumlah kapal kargo yang berlayar di perairan internasional di Laut Aegea.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Sabtu (10/9/2022) malam, penjaga pantai Turkiye mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan di 20 kilometer barat daya Pulau Bozcaada, Turkiye.

Ditambahkannya, setelah serangan penembakan dari dua kapal penjaga pantai Yunani itu, dua kapal penjaga pantai Turkiye dikirim ke wilayah itu dan kapal-kapal Yunani itu kemudian pergi.

Kedutaan Besar Yunani di Ankara tidak menjawab permohonan komentar dari wartawan.

Negara-negara tetangga telah terlibat dalam perselisihan puluhan tahun ini, di mana beberapa minggu terakhir semakin meningkat ketika kedua belah pihak menuduh telah terjadinya pelanggaran wilayah udara.

Pejabat Yunani telah menyampaikan keprihatinan tentang pecahnya konflik lain di Eropa, menyusul perang Rusia di Ukraina.

Turkiye mengatakan, Yunani melanggar perjanjian internasional dengan mempertahankan kehadiran militer di pulau-pulau yang dekat dengan garis pantai Aegea di wilayah Turkiye.

Juga karena pertahanan udara Yunani secara sengaja menyasar jet-jet tempur Turkiye selama latihan NATO di Mediterania Timur.

Yunani mengatakan perlu mempertahankan pulau-pulau di bagian timur – termasuk tempat wisata Rhodes dan Kos yang jauh lebih dekat ke Turkiye dibanding ke daratan Yunani – dari tetangganya yang lebih besar dan lebih kuat secara militer.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”