Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Ukraina adalah salah satu negara dengan energi nuklir terbesar, bahkan terbesar di Eropa.

Namun pada Minggu, 11 September 2022, operator tenaga atom Ukraina mengatakan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia telah ditutup.

Hal ini disebabkan reaktor terakhir di terbesar di Eropa itu tidak terhubung kembali ke jaringan listrik .

Zaporizhzhia terputus dari jaringan listrik minggu lalu setelah semua saluran listriknya terputus akibat pertempuran di daerah itu.

Beroperasi dalam ‘island mode’ selama beberapa hari, Zaporizhzhia menghasilkan listrik untuk sistem pendingin bagi satu-satunya pembangkit listrik yang masih tersisa.

Operator nuklir Energoatom mengatakan bahwa salah satu saluran listrik dipulihkan Sabtu malam, memungkinkan operator pembangkit untuk mematikan reaktor terakhir.

Perusahaan mengatakan risiko tetap tinggi bahwa listrik luar terputus lagi, dalam hal ini pembangkit harus menyalakan generator diesel darurat.

Hal ini dilakukan untuk menjaga reaktor tetap dingin dan mencegah krisis nuklir .

Pada Kamis, kepala perusahaan mengatakan bahwa pabrik hanya memiliki bahan bakar diesel selama 10 hari.

Pembangkit tersebut, salah satu dari 10 pembangkit listrik tenaga atom terbesar di dunia, telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak tahap awal perang.

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan karena menembaki sekitar pembangkit listrik yang merusak kabel listrik yang menghubungkannya ke jaringan.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu, 11 September 2022 pagi, Energoatom mendesak pasukan Rusia untuk meninggalkan pabrik Zaporizhzhia dan memungkinkan penciptaan ‘zona demiliterisasi’ di sekitarnya.

Pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang memiliki dua ahli di pabrik, belum memberikan tanggapan hingga artikel ini dibuat.

Direkturnya telah menyerukan zona aman di sekitar pabrik untuk mencegah terjadinya bencana.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News