baca-berita.com – Pemimpin Britania Raya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin Inggris dengan masa jabatan terlama sepanjang sejarah monarki Inggris, yaitu selama 70 tahun.

Ratu Elizabeth II lahir di Mayfair, London pada 21 April 1926 dan tutup usia pada usia 96 tahun.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor alias Ratu Elizabeth II naik tahta pada tahun 1952 usai kepergian sang ayah, Raja George VI.

Pada tanggal 2 Juni 1953, Elizabeth dilantik menjadi Ratu di Kerajaan Inggris untuk menggantikan posisi sang ayah sebagai pemimpin.

Kepemimpinan Ratu Elizabeth II mulai diguncang permasalahan pada tahun 1992, yaitu skandal rumah tangga ketiga anaknya hingga insiden kebakaran Kastil Windsor.

Masa kejayaan Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin Inggris lebih lama dari masa pemerintahan Ratu Victoria (63 tahun).

Pada akhir tahun 2021, Ratu Elizabeth II mengalami gangguan mobilitas episodik, sehingga tidak bisa menghadiri sejumlah kegiatan publik.

Putra dari Elizabeth mengatakan bahwa kepergian ibunya merupakan momen yang penuh dengan kesedihan bagi dirinya dan keluarga.

Bahkan kesedihan yang dialami oleh Raja Charles III juga turut dirasakan oleh seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Raja Charles III mengatakan bahwa kehilangannya akan sangat terasa di seluruh negeri, alam dan persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Kabarnya, Raja Charles III dan Camilla yang kini menjadi Permaisuri Ratu akan kembali ke London pada hari Jumat.

Sejak awal kesehatan Ratu Elizabeth II menurun dan para dokter yang menanganinya mulai khawatir dengan kesehatan sang Ratu.

Sejak itu para bangsawan terdahulu telah berkumpul di Balmoral.

Semua anak Ratu melakukan perjalanan ke Balmoral, dekat Aberdeen, setelah dokter menempatkan Ratu di bawah pengawasan medis.

Bahkan, cucunya dan sekarang pewaris takhta, Pangeran William, dan saudaranya, Pangeran Harry, juga turut berkumpul di sana.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”