Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Pangeran Charles naik takhta menjadi Raja Charles III setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian pada Jumat, 9 September 2022, Raja Charles III memberikan pidato pertamanya pada 9 September 2022.

Dalam isi pidatonya, Raja Charles III berjanji untuk melayani negara dengan kesetiaan, rasa hormat, dan kasih.

Raja Charles III juga mengucapkan rasa hormat yang mendalam kepada mendiang ibunya.

“Ratu Elizabeth telah menjalani kehidupan dengan baik. Saya berjanji akan meneruskan perjuangannya,” ujar Raja Charles III .

Dalam pidatonya, ia membicarakan mengenai perannya dalam transisi pewaris takhta ke raja, yang menyebabkan perannya harus berubah.

“Seperti yang dilakukan Ratu dengan pengabdian yang teguh seperti itu, saya juga sekarang dengan sungguh-sungguh berjanji kepada diri saya sendiri, sepanjang waktu yang diberikan Tuhan, saya akan menegakkan prinsip-prinsip konstitusional di jantung bangsa kita,” sebutnya.

Charles memberi gelar William sebagai Duke of Cornwall dan Kate Middleton kini diberikan gelar Princess of Wales.

“Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kami yang baru akan terus menginspirasi dan memimpin bangsa kami,” ujarnya.

Charles juga mengungkapkan bahwa dia mencintai Harry dan Meghan meski mereka telah meninggalkan kerajaan.

“Dan kepada ibuku tersayang, saat Anda memulai perjalanan besar terakhirmu untuk bergabung dengan almarhum Papa tersayang, aku hanya ingin mengatakan ini: Terima kasih atas kasih dan pengabdian Anda kepada keluarga kami dan kepada keluarga bangsa-bangsa yang telah Anda layani dengan begitu tekun selama bertahun-tahun ini,” sebutnya. (Salwa Syafiqoh)***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News