baca-berita.com – Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, keberhasilan serangan balasan terhadap Rusia menunjukkan negaranya dapat mengalahkan pasukan Moskwa.

Hal tersebut disampaikan Kuleba pada Sabtu (10/9/2022) dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock.

Dilansir Reuters, Kuleba menambahkan bahwa Kyiv membutuhkan lebih banyak senjata dari para mitranya.

Sebelumnya, pasukan Rusia terpaksa mundur dari benteng utamanya di timur laut Ukraina setelah pasukan Kyiv membuat kemajuan pesat.

Kuleba menuturkan, beberapa sekutu awalnya ragu-ragu untuk mengirim senjata, dengan alasan risiko memusuhi Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Sekarang, syukurlah, kami tidak lagi mendengar argumen ini. Kami telah menunjukkan bahwa kami mampu mengalahkan tentara Rusia,” ucap Kuleba.

Dia berujar, pasukan Ukraina terbukti mampu mengalahkan tentara Rusia dengan senjata yang sudah diberikan.

“Jadi saya tegaskan lagi: semakin banyak senjata yang kami terima, semakin cepat kami menang, dan semakin cepat perang ini akan berakhir,” ujar Kuleba.

Meskipun Jerman telah mengirim howitzer self-propelled ke Ukraina, Kyiv juga menginginkan main battle tank (MBT) Leopard, kendaraan tempur infanteri Marder, dan tank anti-pesawat Gepard.

Di awal-awal perang, Kuleba sempat mengkritik Jerman karena dianggap lamban mengirim senjata untuk Ukraina.

Kini, Kuleba kembali melontarkan kritiknya bahwa di Jerman masih saja ada perdebatan meski Ukraina telah menanggung akibatnya.

“Setiap hari, ketika seseorang di Berlin sedang mempertimbangkan, menerima saran, atau berkonsultasi tentang apakah akan memberikan tank atau tidak, seseorang meninggal di Ukraina, karena fakta bahwa tank tidak datang,” kata Kuleba.

Di sisi lain, Baerbock menjanjikan bantuan militer lebih lanjut dan tidak mengesampingkan pengiriman tank.

“Saya tahu bahwa waktu sangat penting. Beberapa pekan dan bulan ke depan akan sangat penting,” papar Baerbock.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”