Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Kematian Ratu Elizabeth II telah memicu pertanyaan tentang apakah paspor Inggris perlu diubah dan apakah masih berlaku.

Diberitakan sebelumnya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, 8 September 2022 di Balmoral, Skotlandia dan akan digantikan oleh Raja Charles III .

Kematiannya telah menyebabkan ketidakpastian terkait dengan dokumen dan surat-surat resmi yang menggunakan nama Ratu Elizabeth II sebagai jaminan.

Pada halaman pembuka paspor warga negara Inggris bertuliskan kata-kata sebagai berikut:

“Sekretaris Negara Yang Mulia Britannic meminta dan mensyaratkan atas nama Yang Mulia semua orang yang mungkin menjadi perhatiannya memungkinkan pembawa untuk lewat dengan bebas tanpa membiarkan atau menghalangi dan untuk memberikan bantuan dan perlindungan seperti yang mungkin diperlukan kepada pembawanya.”

Pesan di halaman depan paspor yang menyebutkan kalimat Ratu Elizabeth II juga terdapat pada paspor dari Selandia Baru, Kanada, Australia, dan negara-negara Persemakmuran lainnya.

Selandia Baru misalnya memiliki kata-kata, “Gubernur Jenderal di Alam Selandia Baru meminta atas nama Yang Mulia Ratu semua yang mungkin menjadi perhatian untuk mengizinkan pemegangnya lewat tanpa penundaan atau halangan dan jika perlu memberikan semua bantuan dan perlindungan yang sah.”

Hal ini menimbulkan pertanyaan di berbagai media sosial terkait dengan penggunaan paspor apakah masih berlaku dengan kata-kata yang menyebutkan Ratu Elizabeth II .

Bahkan, seorang pengguna Twitter bertanya apakah mereka sekarang harus mengubah paspor mereka setelah kematiannya.

Secara sederhana hal tersebut harus mengalami perubahan secara bertahap dengan mencerminkan Raja Charles III yang naik tahta.

Jawaban sederhananya adalah iya. Sementara kata-kata di depan paspor ini harus diubah untuk mencerminkan Raja Charles III naik takhta, kemungkinan akan ada perubahan bertahap.

Sama seperti perangko, koin, dan semua cara lain gambar ikonik Ratu masuk ke dalam kehidupan Inggris selama 70 tahun terakhir, memperbarui paspor tidak akan menjadi proses yang cepat.

Orang dengan paspor yang menyebutkan Yang Mulia hanya perlu mengubahnya setelah mereka kedaluwarsa dan siap untuk pembaruan, biasanya 10 tahun sejak paspor tersebut dikeluarkan.

Meskipun Ratu Elizabeth II meninggal dunia, paspor mereka masih akan tetap berlaku untuk perjalanan sampai tanggal tersebut.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News