baca-berita.com – Alexei Anatolievich Navalny merupakan seorang pengacara, aktivis politik dan keuangan, dan politisi Rusia .

Sejak 2009, ia menjadi terkenal di Rusia dan di media Rusia maupun internasional sebagai seorang kritikus korupsi dan Presiden Rusia , Vladimir Putin .

Amerika Serikat pada 9 September 2022 menuduh pihak berwenang Rusia melanggar hak-hak pemimpin oposisi yang dipenjara Alexei Navalny .

Yaitu berkaitan dengan membatasi kontaknya dengan pengacara dan berulang kali memasukkannya ke sel isolasi.

Navalny, kritikus domestik paling vokal Presiden Vladimir Putin , menjalani hukuman sembilan tahun penjara atas serangkaian tuduhan yang katanya bermotif politik.

” Amerika Serikat sangat prihatin dengan meningkatnya campur tangan sewenang-wenang Pemerintah Rusia dengan hak-hak Aleksey Navalny,” kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan Jumat malam.

Badan tersebut mengatakan otoritas penjara telah mengganggu akses Navalny ke pembelaan hukum dengan mengawasi pertemuannya dengan pengacaranya dan menunda pertukaran dokumen dan komunikasi di antara mereka.

“Gangguan ini, bersama dengan pengalihan berulang ke sel isolasi untuk dugaan pelanggaran kecil, adalah bukti lebih lanjut dari pelecehan bermotif politik,” lanjut pernyataan itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemimpin berusia 46 tahun yang dipenjara di dekat kota Vladimir sekitar 200 kilometer (125 mil) di luar Moskow, mengatakan dia ditempatkan di sel isolasi pada beberapa kesempatan sebagai hukuman, termasuk karena mencoba memulai serikat pekerja di penjara tempat dia dipenjara.

Departemen Luar Negeri mengatakan bahwa penangkapan Navalny itu sebagai tindakan memalukan.

“Desakan Moskow untuk melecehkannya lebih lanjut hanya menyoroti ketidakamanan dan ketakutannya terhadap mereka yang berbicara kebenaran,” kata Departemen Luar Negeri.

Gambar ayah dua anak yang diterbitkan minggu lalu oleh media independen Rusia , menunjukkan dia kurus kering dan kelelahan.

Dan para pembantunya telah meningkatkan kewaspadaan, dengan mengatakan bahwa prosedur komunikasi baru mencegah mereka untuk mengetahui apa yang terjadi dengannya.***p 10

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”