baca-berita.com – Drama kecil dilaporkan sempat terjadi sesaat sebelum Ratu Elizabeth II wafat dalam usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9) lalu. Raja Charles III dilaporkan sempat meminta putra bungsunya, Pangeran Harry , untuk tidak membawa istrinya, Meghan Markle , menjenguk Ratu Elizabeth II di Kastil Balmoral.

Seperti dilansir news.com.au, Senin (12/9/2022), situasi itu dilaporkan media-media Inggris dengan mengutip sejumlah sumber dan orang dalam Kerajaan Inggris.

Laporan The Daily Mail menyebut Raja Charles III ‘memberitahu’ Pangeran Harry via telepon untuk tidak mengajak Meghan ke Kastil Balmoral. Disebutkan juga bahwa Raja Charles III memberitahu Pangeran Harry bahwa tidak pantas bagi Meghan untuk berada di Balmoral pada momen sangat menyedihkan.

Sebelum Ratu Elizabeth II wafat, Istana Buckingham merilis pernyataan soal kondisi kesehatan sang Ratu yang memburuk. Beberapa saat kemudian, juru bicara Pangeran Harry dan Meghan yang bergelar Duke of Sussex dan Duchess of Sussex mengumumkan keduanya akan ‘pergi ke Skotlandia’ bersama.

Raja Charles III yang kini memimpin Kerajaan Inggris, dilaporkan mengetahui rencana kedatangan Pangeran Harry dan Meghan itu melalui media. Menurut laporan The Daily Mail, rencana kunjungan keduanya itu menjadi ‘berita bagi Istana dan tidak diterima dengan baik’.

Laporan The Sun menyebut Pangeran Harry sedang berada di Frogmore Cottage ketika menerima telepon dari ayahnya yang meminta dirinya tidak mengajak Meghan ke Kastil Balmoral.

“Charles memberitahu Harry bahwa tidak tepat atau tidak pantas bagi Meghan untuk berada di Balmoral pada momen yang sangat menyedihkan,” tutur sumber yang dikutip The Sun.

“Ditekankan kepadanya bahwa Kate (istri Pangeran William, kakak Pangeran Harry-red) tidak datang dan agar jumlahnya benar-benar harus dibatasi untuk keluarga yang terdekat,” imbuh sumber itu.

“Charles membuatnya sangat jelas bahwa Meghan tidak akan diterima,” sebut sumber tersebut.

Pada Kamis (8/9) lalu, Pangeran Harry terlihat datang sendirian ke Kastil Balmoral. Dia dilaporkan tiba sekitar 90 menit usai kabar Ratu Elizabeth II wafat diumumkan.

Kate Middleton, istri Pangeran William, dilaporkan tetap berada di Kastil Windsor untuk mengurusi ketiga anaknya dan tidak mendampingi suaminya menjenguk Ratu Elizabeth II. Pangeran William terlihat tiba di Kastil Balmoral dalam satu mobil dengan Pangeran Andrew, Pangeran Edward dan istrinya Sophie.

Informasi soal situasi internal itu menarik perhatian publik mengingat hubungan internal keluarga Kerajaan Inggris, terutama dengan Pangeran Harry dan Meghan, yang diketahui tidak baik beberapa waktu terakhir.

Namun terlepas dari situasi itu, keputusan awal dari pihak Pangeran Harry dan Meghan untuk datang bersama ke Balmoral dipandang tidak sepenuhnya pantas oleh sejumlah orang dalam istana, karena satu alasan yang sangat sederhana: momen itu adalah momen pribadi dan keluarga.

Dilaporkan bahwa hanya dua anak tertua Ratu Elizabeth II, yakni Raja Charles III dan adik perempuannya, Putri Anne, yang mendampinginya sebelum beliau wafat. Dua anak Ratu Elizabeth II lainnya, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward, tiba secepat mungkin dengan pesawat bersama Pangeran William.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”