Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.comPIKIRAN RAKYAT- Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis 8 September 2022 di usia 96 tahun. Pelaksanaan pemakaman pun sedang diurus pihak keluarga.

Sumber mengatakan rencana prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada 19 September 2022 mendatang.

Pemakaman kenegaraan Ratu akan menjadi yang pertama di Inggris setelah lebih dari setengah abad yang lalu dilakukan kepada mantan Perdana Menteri Winston Churchill pada tahun 1965.

Tidak seperti Pangeran Philip , yang memiliki upacara pemakaman kerajaan, Ratu Elizabeth II akan memiliki pemakaman kenegaraan , yang biasanya disediakan untuk penguasa.

Pemakaman kenegaraan biasanya dimulai dengan jenazah dibawa dengan kereta meriam, yang ditarik oleh para pelaut dari Angkatan Laut Kerajaan, sebagai bagian dari prosesi militer, menurut surat kabar The Independent.

Jenazah dibawa dari kapel peristirahatan pribadi ke Westminster Hall di Gedung Parlemen, katanya.

Ini diikuti oleh prosesi lain ke Westminster Abbey atau Katedral St Paul, tergantung di mana layanan itu berada, kata laporan itu.

Para kepala negara kemudian diberi hormat 21 meriam. Satu-satunya raja yang tidak diberi pemakaman kenegaraan dalam 295 tahun terakhir adalah Edward VIII, yang turun takhta.

pemakaman kenegaraan terakhir untuk pemimpin kerajaan adalah untuk ayah Ratu, Raja George VI, pada tahun 1952.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibaringkan, yang merupakan tradisi di mana tubuh ditempatkan di gedung negara.

Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama sekitar empat hari sebelum pemakamannya, menurut berbagai sumber.

Sementara itu, lonceng berdentang di sekitar Inggris pada hari Jumat ketika pelayat berbondong-bondong ke gerbang istana untuk memberikan penghormatan kepada Ratu.

Anggota terakhir dari Keluarga Kerajaan yang dibaringkan di aula adalah ibu Ratu pada tahun 2002, ketika lebih dari 200.000 orang mengantre untuk melihat peti matinya.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News