baca-berita.com – Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia. Dengan itu, sang putra sulung Raja Charles III resmi menjadi Raja Inggris baru.

Kini, peran keluarga kerajaan Inggris ini berubah. Di antaranya yakni Camilla selaku istri Raja Charles III, Pangeran William selaku putra sulung Raja Charles III dengan Lady Diana, dan Kate Middleton selaku istri dari Pangeran William.

Dilansir dari The Guardian dan CNN, Sabtu (10/9/2022), dalam pidatonya Raja Charles III menegaskan bahwa dirinya akan mendedikasikan seluruh hidupnya untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin Kerajaan Inggris.

Seremoni ini digelar di Istana St James. Raja Charles III mengawali pidatonya dengan memberikan penghormatan untuk mendiang ibundanya.

“Pemerintahan ibu saya tiada tandingannya pada masanya, dedikasinya dan pengabdiannya. Bahkan saat kami berduka, kami bersyukur untuk kehidupan paling setia ini. Saya sangat menyadari warisan besar ini dan tugas dan tanggung jawab berat atas kedaulatan yang sekarang telah diserahkan kepada saya,” ucap Raja Charles III dalam pidatonya pada Sabtu (10/9) waktu setempat.

“Dalam mengemban tanggung jawab ini, saya akan berusaha keras untuk mengikuti contoh inspiratif yang telah diberikan kepada saya dalam menegakkan pemerintahan konstitusional dan dalam mencari perdamaian, keselarasan dan kemakmuran penduduk pulau-pulau ini, dan persemakmuran dan wilayah di seluruh dunia,” tegas Raja Charles III.

Camilla, sang istri dari Raja Charles III kini menjadi permaisuri atau queen consort. Hal ini diumumkan langsung oleh Raja Inggris baru ini.

“Ini juga merupakan waktu perubahan bagi keluarga saya. Saya mengandalkan bantuan penuh kasih dari istri tercinta saya Camilla. Sebagai pengakuan atas pelayanan publik kerajaannya sendiri sejak pernikahan kami 17 tahun lalu, dia menjadi Permaisuri saya,” kata Raja Charles III dalam pidatonya yang dilansir CNN, Sabtu (10/9).

Charles mempercayai istrinya dapat menjalankan peran barunya. Charles mengaku mengandalkan istrinya menjalani peran baru ini.

“Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan peran barunya, pengabdian yang teguh pada tugas yang sangat saya andalkan,” lanjutnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya..

Raja Charles III juga mengumumkan pengangkatan William sebagai Pangeran Wales atau Prince of Wales. Pangeran William adalah anak tertua Raja Charles III dan Diana.

“William sekarang adalah Pangeran Wales,” kata Raja Charles III dalam pidato televisi pertamanya seperti dilansir CNN, Sabtu (10/9/2022).

William sebelumnya mewarisi gelar Duke of Cornwall dari ayahnya. Saat ini William dan Kate memiliki gelar dua, Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge.

Sebagai putra mahkota, tugasnya adalah mendukung Raja dan tugas kerajaan.

Kate Middleton, istri Pangeran William, akan menjadi orang pertama yang mendapatkan gelar Princess of Wales atau Putri Wales. Gelar ini didapatkan sejak mendiang ibu mertuanya, Diana, yang dikenal sebagai Putri Wales.

Sementara itu, Camilla, yang saat ini resmi menjadi Permaisuri, sebelumnya tidak menggunakan gelar Putri Wales. Hal tersebut dilakukan untuk menghormati sentimen publik.

Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis saat ini juga resmi berubah gelarnya menjadi Pangeran dan Putri Cornwall dan Cambridge. Mereka nantinya juga akan menggunakan sebutan ‘Wales’

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”