Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Saat musim hujan , tubuh rentan terserang penyakit seperti flu, pilek, batuk, dan masuk angin.

Sehingga, Anda harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari di tengah cuaca yang buruk.

Agar badan tetap sehat dan fit, Anda harus menjaga pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan tidur yang cukup.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba 6 ramuan herbal tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, seperti berikut ini:

1. Ramuan Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat untuk berbagai penyakit, mulai dari meningkatkan imun tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Cara membuat ramuan jahe, Anda perlu menyiapkan jahe merah sebanyak 2 ruas ibu jari, 1 buah jeruk nipis, kayu manis sebanyak 3 jari, gula merah secukupnya, dan 3 cangkir air.

Cuci bersih semua bahan dan geprek jahe merah. Lalu, rebus air hingga mengeluarkan banyak uap, kemudian rebus semua bahan yang sudah disiapkan bersama dengan gula merah selama 15 menit. Selanjutnya saring dalam keadaan dingin. Anda dapat meminum ramuan jahe ini satu kali sehari sebanyak satu setengah cangkir.

2. Ramuan Kunyit

Selain jahe, kunyit juga dapat dijadikan ramuan yang bermanfaat bagi tubuh.

Anda perlu menyiapkan kunyit sebanyak 1 ruas ibu jari, lengkuas sebanyak 1 ruas ibu jari, 1 buah jeruk nipis, gula merah secukupnya, dan 3 cangkir air.

Cuci bersih semua bahan. Lalu, geprek kunyit dan lengkuas. Kemudian rebus air hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan semua bahan, tunggu kira-kira hingga setengahnya dan matikan api. Selanjutnya, tunggu dingin dan saring. Anda dapat meminum ramuan kunyit ini dua kali sehari sebanyak satu setengah cangkir.

3. Ramuan Pegagan

Untuk membuat ramuan pegagan, Anda perlu menyiapkan 1 jumput pegagan, jahe merah sebanyak 1 ruas ibu jari, 1 iris temulawak, gula aren secukupnya, dan air 1,5 gelas.

Cuci bersih pegagan, kemudian rebus air hingga mendidih. Masukkan pegagan sambil kecilkan api dan tunggu sampai air tersisa kira-kira 2 gelas, lalu saring ketika sudah dingin dan tambahkan perasan jeruk nipis. Anda dapat meminum ramuan pegagan ini dua kali sehari sebanyak satu gelas.

4. Ramuan Kencur

Ramuan selanjutnya adalah kencur. Anda perlu menyiapkan 50 gram kencur yang sudah dikupas, 100 gram beras, 3 lembar daun pandan, gula aren secukupnya, dan 2300 ml air.

Sangrai beras hingga kekuningan. Kemudian haluskan beras, kencur, dan gula. Setelah halus, masukkan ke dalam air hingga mendidih. Lalu, tambahkan pandan dan saring. Anda dapat meminum ramuan kencur ini dua kali sehari.

5. Ramuan Daun Kelor

Untuk membuat ramuan daun kelor, Anda perlu menyiapkan 2 genggam daun kelor dan 2 cangkir air.

Rebus air hingga mendidih, masukkan daun kelor, lalu matikan api dan saring jika sudah dingin. Untuk dewasa cukup minum ramuan ini 2 kali sehari sebanyak 1 cangkir, dan untuk anak cukup setengah cangkir.

6. Ramuan Bawang Putih Tunggal

Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk membuat ramuan ini, Anda perlu menyiapkan 2 butir bawang putih, madu secukupnya, dan 1 gelas air hangat.

Bawang putih yang sudah dicuci bersih kemudian dimemarkan sampai halus. Setelah itu, campurkan ke dalam air hangat dan tambahkan madu, selanjutnya aduk hingga larut. Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali sehari.

6 ramuan tersebut bisa Anda jadikan untuk melindungi tubuh dari paparan penyakit di musim hujan . (Sophia Pemerena)***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News