baca-berita.com – Disampaikan Firdaus Oiwobo, hal tersebut ia lakukan sebagai seorang Panglima Kesultanan yang salah satu tugasnya adalah menegur para pemuda dan pengusaha yang mengaku sultan di Indonesia.

“Program saya sebagai Panglima Kesultanan, itu diminta oleh para sultan-sultan yang ada di Indonesia ini untuk menegur pemuda-pemuda, pengusaha yang saat ini gemar dikit-dikit pake nama sultan. Nah, itu akan kami tegur termasuk nanti (pakai) proses hukum,” pungkasnya dalam sebuah wawancara yang viral dan diunggah di akun TikTok @maniakgamers39 baru-baru ini.

“Termasuk sultan Andara (Raffi Ahmad), kita tanya tuh? Anda sultan andara dr mana datangnya? Termasuk Sultan Bintaro tuh, si Andre Taulany. Anda sultannya dari mana gelarnya?” tanyanya lagi.

“Sementara saya saja sebagai cicit kandungnya sultan, tidak berani mengaku sultan walaupun sudah memiliki gelar tersendiri,” ujar Firdaus Oiwobo.

Belakangan, gelar sultan memang banyak digunakan oleh warganet, merujuk pada deretan orang yang sering pamer kekayaan di media sosial. Fenomena tersebut dikenal sebagai flexing. Selain sultan, mereka biasanya juga dijuluki sebagai crazy rich.

Nah, selain Raffi Ahmad dan Andre Taulany, sebenarnya masih ada sederet orang lainnya yang dijuluki sebagai sultan lho. Berikut deretan daftarnya seperti yang Suara.com rangkum.

1. Raffi Ahmad

Dikenal sebagai sultan Andara, Raffi Ahmad bersama sang istri Nagita Slavina memiliki rumah mewah dan tanah yang begitu besar dan luas di komplek tersebut.

Selain tanah, aset berlimpah yang keduanya dapatkan melalui bisnisnya juga kerap menjadi sorotan. Seperti koleksi kendaraan mewah dan deretan item fesyen berkelas yang sering mereka kenakan.

Gaya hidup keduanya juga turut menjadi perhatian. Pasalnya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina seringkali tak pikir panjang saat akan mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta. Seringkali ayah dua anak tersebut asal ucap untuk memberikan hadiah pada orang-orang di sekitarnya.

2. Andre Taulany

Setelah menjadi seorang presenter dan komedian, nama Andre Taulany makin dikenal masyarakat. Popularitasnya ini membuat Andre memiliki sebuah rumah mewah dan besar di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Rumah mewah berlapis emas tersebut memiliki harga puluhan miliar. Berdiri mewah dan berkelas, rumah milik Andre Taulany berada di atas tanah seluas 1100 meter persegi. Ada plafon berlapis cat emas 22 karat pada beberapa bagian rumah mantan vocalis band Stinky tersebut.

Bahkan, disebut-sebut kekayaan bapak 3 anak ini diklaim menyentuh angka Rp 21,3 miliar. Wajar saja jika pada akhirnya Andre mendapat julukan sultan Bintaro.

3. Juragan 99 atau Gilang Widya Permana

Pasangan Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 dan Shandy Purnamasari juga dikenal sebagai crazy rich Malang karena gaya hidup super mewah yang kerap mereka bagikan di media sosial.

Selain sering bepergian dengan jet pribadi, Juragan 99 juga memiliki punya rumah yang sangat mewah dan memiliki banyak super car. Bahkan, rumah ini disebut-senut sangatlah luas, saking luasnya, untuk menuju garasi yang berisi mobil mewah seperti Lamborghini dan Ferari, mereka harus menggunakan buggy car.

Harta lainnya belum termasuk sejumlah klinik di beberapa kota dan tiga pabrik produk kecantikan milik Shandy Purnamasari. Sementara Gilang Juragan 99 memiliki aset transportasi yang menjadi ladang bisnisnya.

4. Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI periode 2019–2024, dikenal sebagai crazy rich Tanjung Priok. Kesuksesannya menjadi seorang ‘Sultan’ diraih dengan kerja keras.

Ia juga menekuni sederet bisnis di antaranya bisnis BBM, jual beli properti, mobil mewah, dan jual beli jam mewah. Inilah yang membuat kekayaannya semakin berlimpah.

Disebut sebagai sultan Tanjung Priok karena rumah mewahnya di kawasan tersebut sempat menjadi sorotan warganet. Meski di dalam gang, rumah tersebut memiliki sederet fasilitas mulai dari kolam renang hingga garasi yang menyimpn mobil-mobil mewahnya.

5. Rudy Salim

Rudy Salim dikenal sebagai sosok pengusaha muda sukses Indonesia. Kekayaan Rudy Salim dikabarkan bisa menyaingi Raffi Ahmad yakni mencapai Rp9 triliun.

Ia juga dikenal sebagai CEO Prestige Image Motorcars yang menjual mobil mewah dan supercar seperti Porsche, Lamborgini hingga Tesla di Indonesia. Keuntungan yang diraup Rudy Salim dari bisnis ini tentu saja tidak main-main. Mengingat penjualan di showroom mobilnya cukup fantastis.

6. Dony Salmanan

Influencer Doni Salmanan yang saat ini tengah terseret kasus dugaan penipuan berkedok trading binary option dengan platform Quotex menjadi sorotan.

Pasalnya, sebelum terkena kasus, lelaki yang dijuluki Crazy Rich Bandung ini memiliki rumah dengan harga fantastis yakni Rp 14,5 miliar. Tak cuma rumah, ia juga memiliki berbagai macam kendaraan mewah.

Doni Salmanan memiliki beberapa koleksi kendaraan yang harganya fantastis, dimulai dari motor sampai mobil. Di antaranya BMW M4 Series, Lamborghini Gallardo, Lamborghini Huracan, Civic Turbo Hatchback RS, hingga Porshche 911 Carrera 4 S.

Ia juga sempat membuat geger warganet setelah memberi donasi untuk Reza Arap. Tak tanggung-tanggung, Doni Salmanan mengucurkan uang hingga Rp1 miliar untuk YouTuber gaming tersebut.

7. Indra Kenz

Indra Kenz telah ditetapkan sebagai tersangka kasus investasi bodong lewat aplikasi Binomo. Lelaki yang sempat dijuluki Crazy Rich Medan itu sudah ditahan di Bareskrim Polri sejak 25 Februari 2022 lalu.

Sebelum mendekam di penjara, Indra Kenz diketahui tengah membangun rumah yang diprediksi akan selesai pada tahun 2023 mendatang. Dana yang dibutuhkan diperkirakan akan melelan biaya hingga Rp30 Miliar.

Ia juga sering memamerkan beberapa kendaraan super mewah di akun media sosialnya. Koleksi kendaraannya antara lain Ferrari F149 California, Maserati Quattroporte, BMW Z4, hingga Lamborghini Huracan.

Itulah daftar para Sultan di Indonesia yang diancam dipenjarakan oleh pengacara dukun Firdaus Oiwobo. Apa tanggapan Anda?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”