baca-berita.com – 2>

Karya Omega yang terbuat dari emas murni tersebut memiliki latar belakang yang panjang.

Michael Collins, bersama Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menjadi tiga astronot NASA yang melakukan misi pendaratan manusia pertama di Bulan, Apollo 11 pada 21 Juli 1969.

Ketika itu misi Apollo 11 merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah manusia, dan Speedmaster buatan Omega menjadi jam tangan resmi untuk misi tersebut, mengalahkan Longines dan Rolex.

Armstrong dan Aldrin mengenakan Omega Speedmaster Professional referensi 105.012, sedangkan arloji Collins adalah Speedmaster Professional referensi 145.012.

Hanya Aldrin yang memakai arloji Speedmaster ketika ia turun dari pesawat dan menginjakkan kaki di Bulan. Speedmaster milik Armstrong ditinggal di pesawat lantaran timer di modul pesawat itu tidak berfungsi.

Bagaimana dengan Collins? Ia tidak ikut turun karena harus mempiloti modul perintah yang mengelilingi Bulan selama 21 jam.

Jika misi tidak berjalan sesuai rencana, atau Armstrong dan Aldrin tidak dapat kembali ke modul, Collins diperintahkan untuk pulang kembali ke Bumi sendirian.

Speedmaster ref BA145.022 dibuat untuk menghormati pencapaian astronot

Dalam rangka menghormati pencapaian astronot di Bulan, Omega kemudian meluncurkan lini khusus Speedmaster berbahan emas murni (referensi BA145.022) setelah misi Apollo 11 selesai.

Speedmaster ini dipresentasikan pada acara Astronaut Appreciation Dinner di Houston, Texas, AS.

Michael Collins merupakan satu dari 32 astronot yang menerima jam tangan tersebut.

Pada bagian cangkang belakang, terukir nama Collins, nomor jam tangan, serta dua misi yang berhasil diselesaikannya, yakni Gemini 10 dan Apollo 11.

Adapun tulisan “to mark man’s conquest of space with time, through time, on time” yang merujuk pada pendaratan Apollo 11 di Bulan.

Omega hanya memproduksi Speedmaster referensi BA145.022 sebanyak 1.014 unit antara tahun 1969-1973, menjadikan seri ini sebagai holy grail alias cawan suci bagi para kolektor.

Diluncurkan kembali di tahun 2019

Pada 2019, untuk menandai peringatan 50 tahun kesuksesan misi Apollo 11, Omega menciptakan Speedmaster Apollo 11 50th Anniversary.

Detail yang ditampilkan tidak jauh berbeda dari referensi BA145.022. Speedmaster Apollo 11 50th Anniversary memiliki cangkang dan dial emas, beserta bezel dalam sentuhan burgundy.

Arloji ini juga diproduksi terbatas oleh Omega, hanya 1.014 unit.

Meski termasuk barang langka, nilai dari Speedmaster ini jauh lebih realistis ketimbang Speedmaster emas yang pernah dimiliki Michael Collins sang astronot.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”