baca-berita.com – Makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki peran penting untuk membuat kadar kolesterol tetap rendah dan menjaga kesehatan jantung .

Kabar baiknya adalah, kita tidak perlu melakukan banyak pembatasan diet untuk melihat perubahan positif.

Hanya dengan melakukan beberapa perbaikan kecil dalam kebiasaan makan, kita dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi terhadap penumpukan lemak di arteri penyebab penyakit jantung.

Nah, seperti dilansir laman CNBC, dokter spesialis jantung dan pendiri Step One Foods, Dr Elizabeth Klodas merekomendasikan beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

1. Oat

Menurut Klodas, oat mengandung banyak serat, termasuk serat larut yang mengurangi penyerapan kolesterol dalam sistem pencernaan.

Serat secara umum juga membantu untuk menghindari lonjakan insulin yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Banyak orang Amerika tidak mendapatkan cukup serat, meskipun itu banyak manfaatnya.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa meningkatkan asupan serat sebanyak 10 gram per hari dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 14 persen dan kematian akibat penyakit jantung sebesar 27 persen.

2. Almond

Satu studi tahun 2018 menemukan bahwa almond dapat menurunkan kolesterol LDL sambil mempertahankan atau bahkan meningkatkan kolesterol baik ( HDL ).

Ini tentunya dapat membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darah kita.

“Bagi yang bukan penggemar almond, ada pilihan kacang lainnya yang juga telah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol seperti hazelnut, macadamia, kenari, dan pistachio,” ungkap Klodas.

3. Biji chia

Biji chia memasok banyak asam lemak omega-3 esensial yang mampu meningkatkan konsumsi lemak sehat.

“Bahkan, mengonsumsi satu gram biji chia per hari telah dikaitkan dengan penurunan 16 persen risiko masalah kardiovaskular,” kata Klodas.

Meskipun asam lemak omega-3 memiliki efek yang relatif kecil pada LDL, namun asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL dan membantu menurunkan trigliserida, sejenis lemak yang ditemukan dalam darah.

4. Brokoli

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara mengonsumsi sayuran dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Brokoli, khususnya, banyak mengandung serat larut yang sangat baik untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Ada pun sayuran lain yang dapat menurunkan kolesterol adalah bayam, kubis brussel, dan collard greens.

Selain memasok banyak vitamin dan antioksidan, makan sayuran secara teratur telah terbukti membantu menurunkan kolesterol, dengan asupan yang lebih tinggi terkait dengan tingkat LDL yang semakin rendah.

5. Semangka

“Ganti camilan manis dari gula dengan buah-buahan seperti semangka untuk menurunkan kolesterol,” tutur Klodas.

“Semangka secara alami mengandung likopen, yang memiliki sifat penurun lipid dalam mengurangi kolesterol total dan LDL,” jelas dia.

Bagi yang tidak menyukai semangka, pertimbangkan untuk menambahkan apel, anggur, stroberi, buah jeruk, atau bahkan alpukat ke dalam diet sehari-hari.

Semua buah ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”