baca-berita.com – Pemerintah bakal menghapus beberapa jenis produk bahan bakar minyak (BBM). Jenis produk yang akan dihapus memiliki kadar oktan rendah.

Hal itu dinyatakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan melarang penjualan BBM oktan rendah mulai 31 Desember 2022.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Soerjaningsih membenarkan kabar tersebut. Namun belum jelas secara detil terkait rencana kebijakan tersebut.

“Betul,” kata Soerjaningsih dikutip CNBC Indonesia .

Untuk saat ini jenis BBM dengan kadar oktan paling rendah yang dijual di Indonesia adalah milik SPBU VIVO yakni Revvo 89. Jenis BBM itu memilki kadar RON 89. Jenis BBM inilah yang akan dihapus tahun depan.

Kabar itu diperkuat dengan pernyataan pihak PT Vivo Energy Indonesia. Perusahaan mengatakan akan menghapus penjualan Revvo 89 pada akhir tahun ini.

Vivo saat ini tengah menghabiskan stok Revvo 89 yang masih tersisa. Pertamina juga mengakui sudah tidak lagi menjual BBM Premium sama sekali.

“Pemerintah telah memutuskan untuk menghapus penjualan BBM beroktan rendah pada tanggal 31 Desember 2022,” ungkap manajemen Vivo.

Sekadar informasi saat ini, ada beberapa jenis BBM dengan kadar oktan yang ditawarkan. Untuk bensin, ada RON 89 (Revvo 89), RON 90 (Pertalite dan BP 90), RON 92 (Pertamax, BP 92, Shell Super, dan Revvo 92), RON 95 (Shell V-Power, Revvo 95, BP 95) dan RON 98 (Pertamax Turbo, Shell V-Power Nitro+).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”