baca-berita.com – Proyek pembangunan MRT Fase 2A segmen Harmoni-Mangga Besar resmi dimulai. Proyek ini membentang sepanjang 1,8 kilometer dengan melewati tiga stasiun bawah tanah, yakni Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar.

Adapun resmi dimulainya pembangunan MRT Fase 2A ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama pada Sabtu (10/9/2022) malam.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dimulainya proyek lanjutan MRT Jakarta ini menjadi salah satu komitmen pemerintah dalam membangun konektivitas perkotaan melalui angkutan massal.

“MRT fase 2A (koridor selatan-utara) ini akan kita mulai dan akan diteruskan sampai Ancol. Tidak hanya kita bangun selatan-utara, tetapi juga nantinya kita akan bangun MRT fase 3 koridor timur-barat dan juga fase 4 dari Fatmawati sampai TMII,” ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (11/9/2022).

Menurut dia, pemerintah akan terus konsisten membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata. Seperti MRT Fase 2A, yang sebagian jalurnya akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) Kota Tua, Jakarta Kota.

Ia bilang, keberlanjutan pembangunan MRT di Jakarta tak lepas dari kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah paerah, dan juga kerja sama dengan pemerintah Jepang yang telah membantu dalam pembiayaan proyek MRT.

“Semoga ini menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, kita bisa berhemat puluhan triliun (dari biaya BBM),” kata Budi Karya.

Jalur MRT Harmoni-Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A dengan total panjang jalur 6,3 kilometer yakni dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota. MRT Fase 2A akan melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Adapun pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket, yakni CP 201, CP 202, dan CP 203. Untuk proyek pembangunan jalur MRT Harmoni-Mangga Besar masuk ke dalam bagian Fase 2A CP 202 yang memiliki panjang 1,8 kilometer.

Targetnya, keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A dapat diselesaikan pada tahun 2028.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”