baca-berita.com – Indonesia akan jadi tuan rumah HIMSS22 APAC Health Conference & Exhibition. Rencananya, acara ini diadakan pada tanggal 27 hingga 28 September 2022, di Bali Nusa Dua Convention Center.

Acara ini diselenggarakan oleh Healthcare Information and Management Systems Society ( HIMSS ), sebuah lembaga nirlaba dunia di bidang transformasi kesehatan digital.

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas strategi mempercepat transformasi layanan kesehatan digital di ekonomi terbesar Asia Tenggara dan kawasan yang lebih luas di tengah pandemi Covid-19.

Vice President dan Executive Director HIMSS untuk kawasan Asia-Pasifik Simon Lin mengatakan, HIMSS22 APAC Health Conference & Exhibition akan menyajikan serangkaian program edukasi untuk para delegasi yang mencakup tiga kategori yaitu perawatan, data, dan keterhubungan.

“Saya senang melanjutkan kerja sama dengan para pemangku kepentingan di Indonesia menuju tujuan yang lebih besar, yaitu digitalisasi sistem kesehatan nasional dalam rangka meningkatkan pelayanan, kualitas, keamanan perawatan, dan pemerataan kesehatan,” kata dia dalam siaran pers, Sabtu (10/9/2022).

Ia menambahkan, investasi telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dan investor teknologi ke dalam sektor teknologi digital di Indonesia.

Dengan begitu, sistem kesehatan nasional lebih siap menghadapi transformasi digital yang akan mendukung layanan dan hasil kesehatan pasien yang lebih baik.

Simon menjelaskan, Bali dipilih lantaran pemerintah Republik Indonesia bekerja sama dengan berbagai startup untuk mengangkat telehealth.

Nantinya, startup tersebut akan menghadirkan wawasan bagi negara-negara di seluruh dunia yang masih mencari cara mengangkat telehealth.

Selain itu, HIMSS dapat membantu transfer pengetahuan antara delegasi asing dan delegasi lokal.

Konferensi ini akan menghadirkan para ahli dan profesional di bidang kesehatan digital dari Indonesia, Singapura, India, Korea Selatan, Taiwan, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat.

Topik yang akan dibahas termasuk cybersecurity dan data privacy, penggunaan cloud computing dalam transformasi kesehatan digital, pertukaran informasi kesehatan, informatika keperawatan, dan studi kasus transformasi digital di Asia-Pasifik.

Selain itu, HIMSS bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan berbagai penyedia layanan kesehatan untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Setiaji dari Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI mengatakan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sudah menjalani beberapa kolaborasi untuk membuat standar Electronic Medical Record Adoption Model (EMRAM).

Sebagai informasi, pendaftaran HIMSS22 APAC Health Conference & Exhibition masih dibuka.

Berkolaborasi dengan PERSI, penyedia layanan kesehatan, pejabat pemerintah, akademisi, dan mahasiswa kedokteran di Indonesia akan menikmati tarif khusus dengan menggunakan kode diskon AP22PERSI250.

Segera daftarkan diri Anda melalui laman .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”