baca-berita.com – Pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu. Satu minggu sejak diumumkannya kenaikan harga BBM pada Sabtu 3 September 2022, tren pengguna Commuterline Jabodetabek di hari kerja pada minggu ini hingga Kamis (8/9) naik sebesar 3%.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menerangkan tercatat pengguna KRL Jabodetabek saat itu sebanyak 2.834.273 orang atau rata-rata sebanyak 708.568 orang per hari. Angka itu naik 3% dibanding rata-rata pengguna pada hari kerja satu minggu sebelumnya (29 Agustus-2 September) yaitu sebanyak 689.310 orang per hari.

Tercatat volume pengguna tertinggi di hari kerja yaitu pada Senin, (5/9) yaitu sebanyak 733.733 orang. KAI Commuter juga mencatat tren kenaikan rata-rata pengguna sebesar 9% pada libur akhir minggu lalu, yaitu sejumlah 1.119.188 orang atau rata-rata 559.594 orang perhari.

“Sedangkan volume pengguna pada akhir minggu sebelum kenaikan harga BBM tercatat 1.027.018 orang atau rata-rata 513.509 orang per hari,” jelasnya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (10/9/2022).

Sementara itu, rata-rata volume pengguna Commuterline Yogya-Solo pada hari kerja di minggu ini sejumlah 10.738 orang. Dari data tersebut juga tercatat kenaikan sebesar 3% jika dibanding rata-rata volume pengguna pada minggu sebelumnya yaitu sejumlah 10.381 orang.

“Sedangkan rata-rata volume pengguna pada akhir minggu kemarin juga mengalami tren kenaikan sebesar 8% atau sejumlah 18.231 orang perhari,” lanjut Anne.

Sebagai informasi, saat ini KAI Commuter mengoperasikan 1.081 perjalanan Commuterline Jabodetabek tiap harinya mulai pukul 04.00-24.00 WIB dengan mengoperasikan sebanyak 95 rangkaian per harinya.

Persebaran pengguna Commuterline pada hari kerja juga terfokus pada jam-jam sibuk pagi yaitu pukul 05.30 – 07.30 WIB, dan sore mulai pukul 16.00 – 18.00 WIB. Sedangkan operasional perjalanan Commuterline Yogya-Solo, KAI Commuter tetap mengoperasikan 20 perjalanan pada hari kerja dan mengoperasikan 24 perjalanan pada hari libur.

Dengan pertambahan tren volume pengguna, KAI Commuter mengimbau untuk merencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi Commuterline yang akan dinaiki secara real time.

“Untuk kenyamanan, pengguna Commuterline Jabodetabek dengan usia dibawah 6 tahun diimbau untuk melakukan perjalannya diluar jam-jam sibuk pagi dan sore hari,” terang Anne.

Dalam mendukung Pemerintah mewujudkan program cashless society atau masyarakat yang bertransaksi menggunakan uang dalam bentuk non-tunai, KAI Commuter juga telah memberlakukan seluruh stasiun Commuterline di Jabodetabek menjadi Stasiun Uang Elektronik.

“Siapkan Kartu Multi Trip (KMT) atau Kartu Uang Elektronik Bank untuk transaksi pembayaran tiket. Pengguna juga bisa melakukan pembayaran dengan QR Code,” tutup Anne.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”