baca-berita.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga berupaya membuat program guna membuka peluang usaha bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan memasarkan produk UMKM lokal.

Wamendag Jerry Sambuaga, didukung oleh Staf Ahli Wakil Menteri Perdagangan, Gorby Agung Tambunan menilai, para pelaku UMKM turut berkontribusi menjadi pondasi perekonomian nasional.

Menurut mereka, ada peluang yang dapat dimanfaatkan para pelaku usaha untuk membangun bisnis. Jerry menilai, perdagangan antar negara yang tumbuh, karena diperkirakan perdagangan internasional meningkat sebesar 3,4 persen.

Oleh karena itu adanya potensi bisnis perjalanan akan sangat besar. Sebesar 66% warga dunia diperkirakan melakukan perpindahan dari satu kota atau negara ke kota lain. Bisa juga perpindahan dari negara ke kota atau negara lainnya.

“Tentunya kita sebagai pemerintah melihat potensi bisnis yang sangat luar biasa besar terjadi di dalam negeri maupun dunia. Nah, Oleh karena itulah saya dan tim akan membentuk tim khusus guna membuat wadah untuk para pelaku UMKM lokal agar dapat memasarkan produk mereka ke pasar domestik bahkan internasional” Ujarnya saat dijumpai di kantornya (10/09/2022).

Sementara itu, rencana program Kemendag itu turut disambut gembira oleh Rizal Saputra selaku CEO dari PT SuperKiosk Teknoretail Indonesia, yang merupakan sebuah perusahaan retail berkonsep kemitraan kios rumahan modern yang menjual kebutuhan pokok dan kebutuhan harian lainnya secara online menggunakan aplikasi smartphone.

“SuperKiosk mendukung pemerintah menawarkan peluang usaha UMKM di rumah sendiri, dengan konsep kemitraan. Konsep kemitraan SuperKiosk sendiri adalah kita membuka peluang usaha warung modern di rumah sendiri yang bisa berjualan online dan offline melalui aplikasi yang tersedia untuk Android dan iPhone,” ujar Rizal

Selain itu, Rizal menambahkan, melalui SuperKiosk, para pelaku UMKM dan masyarakat bisa dengan mudah berbisnis kios modern sekelas mini market. Usaha ini bisa meraup potensi keuntungan dari sekitar rumah.

Barang yang dijual adalah kebutuhan pokok dan kebutuhan harian rumah tangga pada umumnya. Dalam waktu mendatang, para pelaku UMKM juga bisa menjualkan produknya di Aplikasi SuperKiosk.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”