Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.com – Investasi saham yang kian diminati membuat pelakunya mencari berbagai cara agar keuntungan yang didapat melebihi investor lainnya. Saat ini salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli saham dari perusahaan-perusahaan luar negeri.

Kemudahan teknologi banyak membantu model investasi berskala global ini. Hal ini menjadi kesempatan baik untuk para investor dalam mengeksplorasi peluang keuntungan. Apalagi produk-produk dari perusahaan yang menawarkan sahamnya rata-rata dikenal atau digunakan oleh masyarakat dunia.

Salah satu negara yang membuka kesempatan ini adalah Amerika Serikat yang memperbolehkan investor asing berinvestasi saham di perusahaan yang berbasis di sana. Saham -saham perusahaan seperti Apple, Google, Meta, dan Tesla, kini dapat dimiliki oleh investor asal negara mana pun.

Joice Tauris Santi, Jurnalis Harian Kompas dan penulis tentang financial dan investasi, dalam episode mengungkapkan bahwa selain memberikan keuntungan lebih, membeli saham luar negeri juga mudah dilakukan.

“Kita buka dulu akun yang bisa mengakses market, misalnya market terbesar di US. Kita beli saham-saham seperti Apple, Starbucks, McDonald,” ujar Joice. Selain itu, ini juga menjadi kesempatan baik untuk mengembangkan portofolio para investor.

Persyaratan Beli Saham Luar Negeri

Berikut adalah persyaratan yang dapat dipersiapkan sebelum membeli saham luar negeri secara daring.

  1. KTP
  2. SIM
  3. Paspor
  4. Kartu NPWP
  5. Lampiran billing tagihan listrik, air, atau kartu kredit dari bank asing
  6. Rekening saham di broker asing atau campuran (jika ada).

Setelahnya, kita bisa mengunggah dokumen-dokumen sesuai persyaratannya dan mengirimkannya. Kemudahan ini layaknya saat kita membuka bank digital saja, menurut Joice.

Selain itu, perlu diingat juga transaksi ini sepenuhnya digunakan dengan mata uang dollar sehingga kita juga perlu memiliki tabungan di bank asing. Akan tetapi, saat ini telah ada bank digital yang bisa melakukan transfer dalam dollar tanpa dipungut biaya.

Untuk transfer biasa melalui bank dibutuhkan pemotongan biaya yang cukup besar. Selain itu transfer yang dilakukan juga cukup memakan waktu lebih dibandingkan jika menggunakan bank digital.

Sebelum memutuskan berinvestasi, perlu diingat bahwa tidak semua broker yang berbasis di Amerika Serikat turut membuka kesempatan bagi investor asing untuk membeli saham mereka. Broker yang besar biasanya akan meminta besaran deposito yang cukup besar.

Melansir , dijelaskan broker adalah individu atau perusahaan yang berperan sebagai perantara antara investor dan pedagang efek.

Sebab, pedagang efek hanya menerima pesanan dari individu atau perusahaan yang menjadi anggota dari bursa tersebut. Sehingga, trader dan investor individu membutuhkan jasa dari anggota bursa tersebut.

Kelebihan dan Kekurangannya

Menurut Joice, tidak semua saham perusahaan asing akan selalu berjalan baik. Keadaan pasar saham luar negeri dengan lokal tidak jauh berbeda. Begitu pun dengan cara menganalisisnya.

Kita tetap harus menguasai pengetahuan analisis fundamental dan/atau teknikalnya untuk meminimalisir kerugian. Sedikit perbedaan terlihat dari kepemilikan, jika saham di perusahaan lokal bisa dibeli minimal sepuluh lot, di perusahaan asing investor cukup memiliki satu dolar saja.

Joice sendiri mengakui bahwa ia menggunakan strategi analisis swing. Hal ini karena adanya ketentuan jika dana deposit kita di bawah 25 ribu US Dollar, kita tidak dapat death rate atau dalam satu hati masuk dan keluar secara cepat.

Hal ini akibat tujuan saham bagi perusahaan-perusahaan tersebut adalah untuk investasi jangka panjang. Kalau kita memiliki deposit di atas 25 ribu dolar, death rate diperbolehkan. Jika melanggar hal ini, konsekuensi yang akan diterima adalah penangguhan akun.

Joice berpendapat bahwa jika investor ingin death rate, hal ini masih lebih mudah dilakukan pada saham-saham lokal. Namun, jika ingin mencoba investing dan swing, boleh dicoba pada saham-saham asing yang pergerakannya cenderung tidak terlalu fluktuatif.

Bagi banyak investor, membeli saham asing memungkinkan mereka melakukan diversifikasi dengan menyebarkan risiko mereka, selain memberi mereka eksposur terhadap pertumbuhan ekonomi lain.

Dengarkan penjelasan Joice selengkapnya mengenai beli saham luar negeri dalam siniar Cuan , Cari Untung Bareng Teman, pada episode bertajuk, di Spotify.

Ikuti juga agar kamu terus terinfo soal perencanaan keuangan , investasi, asuransi, bisnis, dan masih banyak lagi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News