baca-berita.com – Bagaimana cara menarik uang di ATM BCA atau bagaimana cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu ? Meski sepele, pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan mereka yang masih awam dengan perbankan.

ATM adalah singkatan dari Automated Teller Machine atau dikenal di Indonesia sebagai anjungan tunai mandiri. Mesin ini berfungsi untuk melakukan transaksi bank, seperti tarik tunai, transfer, cek saldo, dan sebagainya. Setiap bank memiliki mesin ATM tersendiri.

Cara kerja ATM menggunakan kartu debit atau kredit yang terhubung dengan rekening. Pengguna memasukkan pin untuk mengakses layanan. Saat ini, beberapa bank menyediakan layanan mengambil uang di ATM tanpa kartu.

Cara menarik uang di ATM BCA

Cara menarik uang di ATM BCA sebenarnya relatif serupa dengan menarik uang di ATM bank lain. Selain itu, kartu ATM BCA juga bisa digunakan di bank lainnya.

Lazimnya, ketika nasabah membuka rekening BCA untuk pertama kalinya, nasabah akan dibantu oleh teller atau petugas CS BCA untuk menjelaskan fungsi serta penggunaan dari ATM BCA.

Kartu ATM BCA juga menawarkan berbagai macam pilihan jenis, mulai dari kartu berwarna gold, blue/silver hingga platinum.

Cara menggunakan kartu-kartu tersebut di mesin ATM pun tetap sama. Adapun yang membedakannya ialah hanya terdapat pada batas maksimal atau limit uang yang dapat ditarik.

Cara menarik uang di ATM BCA sebenarnya sangat mudah. Jika Kalian terbiasa mengoperasikan smartphone, nasabah bisa langsung menggunakan ATM walaupun baru kali pertama menggunakannya.

Setidaknya, walaupun sedikit bingung namun, cara menarik uang di ATM BCA hanya perlu mengikuti panduan langkah-langkah cara menarik uang di ATM BCA.

Berikut ini adalah tutorial cara menarik uang di ATM BCA untuk nominal tertentu dengan mudah.

Cara menarik uang di ATM BCA:

  1. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM. Pastikan tidak terbalik dan chip pada posisi di atas.
  2. Pilih bahasa yang akan digunakan.
  3. Masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit. Jika salah tekan, hapus dengan tombol koreksi warna kuning.
  4. Setelah pin benar, layar akan menu penarikan cepat.
  5. Untuk mengambil uang, pilih jumlah yang akan diambil.
  6. Anda juga dapat pilih opsi “Jumlah Lain” untuk memasukkan nominal.
  7. Konfirmasi jumlah uang yang diambil.
  8. Setelah itu, mesin ATM akan memroses transaksi.
  9. Jika sudah selesai, mesin akan berbunyi.
  10. Ambil uang dan kartu dari mesin ATM.
  11. Transaksi selesai. Mesin ATM BCA tidak mencetak struk.
  12. Cek jumlah uang dan pastikan untuk tidak meninggalkan kartu

Cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, industri perbankan pun terus beradaptasi serta mengadopsi inovasi-inovasi yang muncul khususnya inovasi yang bisa mempermudah urusan nasabah mereka, salah satunya cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu.

Layanan tarik tunai tanpa kartu ATM ini mulai diterapkan oleh sejumlah bank besar di Indonesia seperti bank swasta terbesar di Indonesia, Bank BCA.

Layanan ini tentunya sangat membantu para nasabah untuk lebih mudah bertransaksi ketika yang bersangkutan harus mengambil uang saat kartu debitnya tertinggal atau hilang.

Untuk cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu, nasabah hanya memerlukan smartphone untuk mengakses aplikasi mobile banking dari masing-masing bank.

Hadirnya fasilitas ini memungkinkan nasabah BCA tidak perlu khawatir lagi ketika tertinggal kartu ATM ketika sedang membutuhkan uang tunai.

Berikut tahapan-tahapan cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu:

  1. Pertama buka aplikasi BCA Mobile Anda.
  2. Login dengan username dan password.
  3. Buka menu “Cardless” di BCA mobile
  4. Pilih “Tarik”
  5. Pilih rekening sumber dana
  6. Lalu, masukkan nominal yang akan ditarik.
  7. Masukkan PIN mBCA.
  8. Anda akan mendapatkan 6 digit kode transaksi.
  9. Selanjutnya, cari ATM Tunai BCA terdekat
  10. Pilih “Transaksi Tanpa Kartu”
  11. Masukan nomor HP BCA Mobile Anda.
  12. Masukkan 6 digit kode transaksi yang diterima sebelumnya.
  13. Proses transaksi tarik tunai tanpa kartu ATM BCA selesai.

Perlu diingat, kode transaksi yang Anda dapatkan bersifat rahasia dan hanya berlaku selama satu jam setelah endapatkan kode tersebut dari BCA mobile.

Jadi jangan sampai Anda lewat dari batas waktunya. Jika kode tersebut tidak dipakai, uang Anda tidak akan berkurang.

Cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu juga bisa digunakan jika sewaktu-waktu kartu dianulir atau kartu ATM hilang dan dalam masa pemblokiran.

Bagi nasabah yang kehilangan kartu ATM pun tak perlu khawatir karena kehilangan bisa diurus sembari tetap mengambil uang di ATM.

Itulah informasi seputar cara menarik uang di ATM BCA, termasuk bagaimana cara menarik uang di ATM BCA tanpa kartu.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”