Baca-Berita.com

Informasi Berita Terbaru

6 Oktober 2022

baca-berita.comJakarta, CNBC Indonesia – Ketika membayangkan kepala negara, mungkin sebagian orang membayangkan mereka memiliki kekayaan yang fantastis. Tentu itu tidak sepenuhnya benar karena tidak semua kepala negara memiliki gaji tinggi.

Namun, beberapa kepala pemerintahan di dunia tercatat memiliki kekayaan luar biasa. Bahkan diperkirakan kekayaan para pemimpin negara ini mencapai ratusan hingga ribuan triliun.

Di antara sejumlah pemimpin dunia, Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan menjadi presiden terkaya di dunia.

Berikut 10 kepala negara dengan kekayaan fantastis.

1. Mohammed VI

Raja Maroko yang naik takhta sejak kematian ayahnya, Raja Hassan pada 1999 lalu ini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp30,75 triliun.

Setelah diangkat menjadi raja, dia berjanji menghapus dan menangani korupsi serta menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penanganan HAM.

2. Tamim bin Hamad al-Thani

Tamim memerintah Qatar sejak 2013. Saat ini diketahui total kekayaan bersih Tamim bin Hamad al-Thani ini mencapai US$ 2,6 miliar atau setara Rp38 triliun.

Pada tahun pertama, kepemimpinan Tamim berjalan kurang baik. Hal ini karena Qatar mengalami konflik dengan negara-negara Teluk lainnya.

Bahkan pada 2017, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, dan Bahrain memutuskan hubungan dengan Qatar, dan memberlakukan blokade ekonomi. Namun, akhirnya di Tamim berhasil memperbaiki hubungan antara Qatar dan negara Teluk.

3. Sebastian Pinera

Selanjutnya adalah presiden Cile Sebastian Pinera. Selain sebagai politikus, dia adalah pengusaha, manajer keuangan, dan analis pasar.

Kekayaan bersihnya diperkirakan sebesar US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp42,5 triliun.

4. Hans-Adams II

Hans-Adams II adalah pemimpin Liechtenstein, di kawasan Eropa. Meski memiliki wilayah kekuasaan kecil, pemimpin negara ini dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia.

Hans Adams diketahui memiliki kekayaan bersih mencapai total US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp51,25 triliun. Kekayaan Hans-Adams II didapat dari kepemilikan sejumlah lahan, bank swasta, dan investasi yang ekstensif. Dia juga memiliki sejumlah koleksi karya seni yang dipajang di sebuah museum umum di Vaduz dan Wina, Austria.

5.Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Penguasa Dubai ini berperan dalam perubahan total wilayah Dubai. Di bawah kepemimpinan Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Dubai bertransformasi menjadi kota kelas dunia.

Dia juga dikenal sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai US$ 14 miliar atau sekitar Rp205 triliun.

6. Khalifa bin Zayed al-Nahyan

Presiden Uni Emirat Arab (UEA) yang wafat di usia 74 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan US$ 18 miliar atau setara Rp263,5 triliun.

Khalifa al-Nahyan dikenal dengan gaya hidup yang sederhana. Semasa hidupnya, dia mengendalikan 97,8 miliar barel cadangan minyak di UEA. Asetnya mencapai US$ 830 miliar. Selain itu, dia juga mengelola harta keluarga yang ditaksir mencapai US$ 627 miliar.

7. Salman bin AbdulAziz al-Saud

Raja Arab Saudi ini memiliki kekayaan bersih senilai US$ 20 miliar atau sekitar Rp292,84 triliun. Raja Salman menjadi pemimpin Arab Saudi pada usia 80 tahun setelah saudara tirinya wafat.

Dia juga diketahui memiliki properti di sejumlah negara, seperti sejumlah apartemen di Paris, Istana di Marbella, Spanyol dan Tangier, serta Maroko.

8. Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Darussalam ini merupakan pemimpin negara yang hidup dengan segala kemewahan. Dia memiliki rumah pribadi terbesar di dunia dan diketahui menerbangkan Boeing 747-400 miliknya sendiri.

Sultan Hassanal Bolkiah juga mengoleksi 7.000 mobil mewah yang mayoritas bermerek Rolls Royces, Mercedes, dan Ferrari. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$ 20 miliar atau Rp292,84 triliun.

9. Maha Vajiralongkorn

Putra tunggal mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit dikenal memiliki reputasi yang sangat baik meskipun kerap muncul kontroversi mengenai kehidupan pribadinya. Kekayaannya diperkirakan menyentuh US$ 30 miliar atau lebih dari Rp439,3 triliun.

10. Vladimir Putin

Putin menjadi pemimpin yang paling mendapat sorotan karena invasinya ke Ukraina. Presiden Rusia ini diprediksi merupakan kepala negara terkaya di dunia.

Kekayaan Putin diperkirakan mencapai US$ 70 miliar atau sekitar Rp1,025 triliun.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://baca-berita.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://baca-berita.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari Baca-Berita.com di Google News