Perbedaan Menabung dan Investasi – Masih banyak kesalahan pengertian di masyarakat tentang ke dua hal ini. Meskipun menabung dan investasi dilakukan dengan mengurangi pengeluaran, tetapi ada ketidaksamaan di antara menabung dan investasi. Menabung bermakna Anda menyisihkan sepersekian % dari pendapatan untuk disimpan, sesaat investasi bermakna Anda menginvestasikan uang; umumnya untuk periode panjang; untuk membuahkan uang kembali dari uang yang diinvestasikan itu. Lantas, lebih menguntungkan menabung atau investasi?

Yuk, simak uraian tentang kelebihan dan kelemahan dari menabung dan investasi berikut ini.

Perbedaan Menabung dan Investasi
Perbedaan Menabung dan Investasi

Kelebihan Menabung

Menabung memiliki beberapa kelebihan dibanding investasi.

  1. Akses penarikan cepat.

Untuk kamu yang mengelola bisnis, tabungan mungkin akan bermanfaat untuk Anda. Tabungan berbentuk bisa ditarik setiap saat hingga jika satu waktu Anda memerlukan dana, tabungan akan menolong.

  1. Tidak ada resiko uang hilang

Berbeda dengan investasi, menabung memiliki tidak mempunyai resiko uang hilang, kecuali bila Anda terkena penipuan.

Kelebihan Investasi

Investasi memiliki kelebihan dibanding menabung.

  1. Resiko boros kecil

Bagi Anda yang melakukan investasi, kecil kemungkinan Anda untuk bertindak boros karena investasi umumnya mempunyai periode waktu khusus, tidak sama dengan tabungan yang dapat Anda tarik dan pakai kapan pun.

  1. Mendapatkan return

Investasi memugkinkan Anda memperoleh keuntungan dari uang yang Anda investasikan. Untuk yang dapat memiliki penelitian baik, investasi sangat menguntungkan untuk Anda.

  1. Tidak terpengaruh oleh inflasi

Berbeda dengan menabung, investasi tidak tergerus oleh inflasi.

Kekurangan Menabung

Terlepas dari kelebihannya, menabung memiliki kelemahan yaitu, seperti berikut ini :

  1. Biaya administrasi

Menabung di bank akan dikenakan biaya administrasi setiap bulannya, hingga mengurangi jumlah uang yang ditabung.

  1. Inflasi

Menabung memang menghasilkan bunga, tetapi bunga yang diperoleh tidak sesuai dengan nilai inflasi yang ada, hingga nilai uang bakal berkurang juga.

  1. Bunga yang diperoleh tidak signifikan

Dibanding dengan investasi, bunga yang didapat dari menabung nilainya lebih kecil, sehingga tidak menambah jumlah uangmu secara signifikan.

Kekurangan Investasi

Terlepas dari kelebihannya, investasi memiliki kekurangan, yakni sebagai berikut:

  1. Beresiko

Investasi mungkin dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan, tetapi investasi mempunyai resiko tinggi dimana Anda bisa tidak mendapatkan keuntungan sama sekali dan kehilangan uang yang Anda investasikan.

  1. Investasi properti membutuhkan dana yang lumayan banyak

Investasi dalam bentuk properti membutuhkan nilai yang tidak sedikit, hingga Anda baru bisa mengerjakannya jika telah mempunyai dana yang cukup.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari menabung dan investasi. Jadi, lebih menguntungkan menabung atau investasi? Jawabannya adalah tergantung keperluan Anda. Jika prioritas Anda adalah pada keuntungan yang dibuat, karena itu investasi ialah pilihan yang pas. Tetapi, jika prioritas Anda adalah keamanan maka tabungan adalah pilihan yang tepat buat Anda.